BICARAKAN PENANGANAN BENCANA BUPATI DATANGI BNPB

JAKARTA – Serius untuk menangani permasalahan bencana di daerahnya, Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS medatangi Kantor Badan Nasional Penanggulaangan Bencana (BNPB) di jalan Ir. H. Juanda No 36 Jakarta Pusat, Jum’at (31/3/17).

Kedatangan Bupati didampingi Kepala BPBD Tanjabbar Ir. H. Erwin tiba di Gedung BNPB dismbut oleh Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BNPB Bapak Ir. Hermansyah, Dipl, SE, MMdi dan Direktur Pemulihan dan peningkatan Fisik Tetty Saragih, Ak.

“Ini dilakukan Bupati untuk percepatan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” kata Erwin menirukan ucapan Bupati Safrial dihubungi, Jum’at.

Disebutkan H. Erwin, sebelum ke Kantor BNPB sebelumnya Bupati mendatangi Gedung Direktorat Jenderal Perimbangan Kkeuangan Kementrian Keuangan Republik Indonesia guna menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) berupa Bantuan Pendanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana (BPRRP) Tahun Anggaran 2017 dari BNPB. Dimana bantuan dana hibah untuk tahun 2017 BPBD Tanjabbar mendapatkan bantuan sebesar 4,5 miliyar.

“Dalam pertemuan itu Bupati H. Safrial memaparkan usulan kegiatan Rehabilitasi dan Rekontruksi pasca bencana di kabupaten Tanjabbar, terutama Banjir, kebakaran Hutan dan Lahan, serta Tanggul penahan abrasi laut,” jelas Erwin.

Bupati juga memaparkan kondisi gegrafis Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta wilayah rawan bencana longsor, banji, karhutla dan kebakaran rumah penduduk, yang perlu mendapat perhatian serius pemerintah.

Sebagaimana diketahui, wilayah yang kerap menjadi langganan Banjir bandang ialah Kecamatan Muara Papalik dan Merlung. Banjir yang terjadi beberapa waktu lalu sempat merendam pemukiman warga beberapa desa di Kecamatan Merlung, Muara Papalik dan Batang Asam, dengan ketinggian air mencapai 110 cm, menengelamkan sejumlah fasilitas umum dan ratusan rumah warga.
Editor : Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *