Staf Ahli H. Ansori Buka Sekolah Lansia Tangguh S1 di Seberang Kota

Seberang Kota – Mewakili Bupati Tanjung Jabung Barat, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, H. Angsori, S.Ag, MH, membuka Sekolah Lansia Tangguh S1 yang digelar di Aula Kantor Camat Seberang Kota, Selasa (24/9).

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, H. Angsori, juga menjelaskan bahwa lanjut usia (lansia) adalah sebutan untuk orang yang berusia 60 tahun ke atas, baik pria maupun wanita. Umumnya, lansia mengalami penurunan kondisi karena kecepatan metabolisme dan massa tubuh yang menurun, sehingga memerlukan peningkatan kesejahteraan sosial.

“Maka dari itu, pemerintah, masyarakat, dan keluarga memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan upaya peningkatan kesejahteraan sosial bagi lanjut usia. Menyadari hal ini, pemerintah Kabupaten Tanjab Barat dalam rangka optimalisasi capaian program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga) serta peningkatan kesejahteraan lansia, menetapkan Keputusan Nomor 533/KEP.BUP/DP3AP2KB/2024 tentang Kepengurusan Sekolah Lansia Tangguh Tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2024,” ucap Staf Ahli.

Lebih lanjut, H. Angsori menjelaskan bahwa hal ini akan menjadi dasar bagi seluruh pemangku kepentingan untuk menjalankan program Sekolah Lansia Tangguh, yang memerlukan strategi jitu, berkesinambungan, serta melibatkan banyak pihak, baik dari institusi maupun pemerintah daerah sebagai pendukung dan pemegang kebijakan.

“Sekolah Lansia Tangguh adalah program pendidikan non-formal yang memberikan ilmu, pelatihan, dan pemahaman edukasi tentang kesehatan. Program ini bertujuan untuk menjadikan lansia tangguh, yaitu lansia yang sehat, mandiri, aktif, dan produktif, dengan sasaran masyarakat yang berusia di atas 60 tahun,” jelas H. Ansori.

Sementara itu, Camat Seberang Kota, Ahmad Husaini menyampaikan bahwa sesuai dengan UU No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, pihaknya sangat berterima kasih kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten atas adanya Sekolah Lansia Tangguh ini.
“Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten. Kami menyambut baik adanya sekolah lansia ini, semoga dengan adanya sekolah ini, para orang tua yang sudah memasuki usia lanjut akan menjadi lebih tangguh dan mandiri,” ujarnya

Selain itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Drs. Putut Riyatno, M.Kes, mengatakan bahwa Sekolah Lansia Tangguh sudah ada 19 sekolah di Provinsi Jambi. Sekolah ini akan mengajarkan para bapak dan ibu lanjut usia tentang Dimensi Spiritual, Dimensi Fisik, Dimensi Emosional, Dimensi Intelektual, Dimensi Sosial, Dimensi Kekreatifan, serta Dimensi Lingkungan, dengan 12 kali pertemuan.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Seberang Kota, Ahmad Husaini, SE; Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Drs. Putut Riyatno, M.Kes; Kepala Dinas P3AP2KB Tanjab Barat; Lurah Tungkal V; KUA Seberang Kota; Kepala Puskesmas Seberang Kota; Ketua Lembaga Adat Seberang Kota; Kepala Sekolah SMA/SMP Seberang Kota; Forkopimcam Seberang Kota; Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Seberang Kota; serta para peserta Sekolah Lansia Tangguh.

Sumber : Prokopim Tjb