Bupati Tanjung Jabung Barat Pimpin Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-63

Kuala Tungkal – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Tanjung Jabung Barat, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-63 tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tanjung Jabung Barat Tahun 2024. Rabu (21/8).

Upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah, Unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional, serta pengurus Kwarcab dan perwakilan anggota Pramuka dari berbagai tingkatan—Siaga, Penggalang, dan Penegak.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Anwar Sadat membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka telah berperan penting dalam mempersiapkan generasi muda yang berjiwa Pancasila dan senantiasa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tema Hari Pramuka ke-63 tahun ini, yaitu Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI.

“Gerakan Pramuka berkontribusi dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing,” ujarnya

Bupati juga menegaskan bahwa sumber daya manusia yang dibina oleh Gerakan Pramuka merupakan mereka yang memiliki jiwa Pancasila, melalui pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Dengan demikian, Pramuka akan menjadi penggerak utama dan pilar kekuatan negara menuju Indonesia Emas pada tahun 2045. Upaya ini memerlukan sinergitas, kolaborasi, kemitraan, serta komitmen yang konsisten dan konsekuen,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Anwar Sadat menyampaikan ucapan selamat Hari Pramuka ke-63, Satu Pramuka untuk Satu Indonesia. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesiaku.

Sumber : Prokopim Tjb