Mantapkan Langkah Menuju Era Digital, Pemkab Tanjab Barat gelar Bimtek Digitalisasi Arsip

Kuala Tungkal – Dalam upaya memperkuat tata kelola pemerintahan yang modern dan efisien, Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag, memimpin langsung pelaksanaan Bimbingan Teknis Digitalisasi Arsip di lingkungan Pemkab Tanjung Jabung Barat. Senin (29/7).
Acara yang berlangsung di Aula Pertemuan Mall Pelayanan tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Kepala Bagian Lingkup Pemkab Tanjab Barat, Para Camat dan peserta Bimtek dari berbagai dinas dan instansi.
Dalam sambutannya, Bupati menegaskan bahwa digitalisasi arsip adalah langkah strategis untuk memastikan akses data yang cepat, akurat, dan aman, sekaligus meningkatkan efektivitas pelayanan publik di era digital.
Bupati menekankan pentingnya digitalisasi arsip sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik. “Digitalisasi arsip merupakan langkah strategis dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Dengan digitalisasi, kita dapat memastikan bahwa data dan informasi yang dimiliki dapat diakses dengan cepat, akurat, dan aman,” ujar Bupati.
Bimbingan teknis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan teknis kepada para peserta dalam mengelola arsip secara digital. Materi yang disampaikan meliputi pengelolaan Arsip Dinamis, Pelaksanaan Alih Media Arsip Dinamis, Autentifikasi Arsip Hasil Alih Media, Alur Proses Alih
Media Arsip, contoh-contoh arsip. Acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab dan praktik langsung yang dipandu oleh narasumber berpengalaman di bidang pengelolaan arsip digital dari ANRI oleh Aan Abdurachman.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Anwar Sadat juga mengajak seluruh peserta yang sebagian besar adalah pegawai negeri sipil (PNS) untuk memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya.
“Saya berharap seluruh peserta, khususnya para PNS, dapat mengikuti bimbingan teknis ini dengan serius dan menerapkan ilmu yang didapatkan dalam pekerjaan sehari-hari. Mari kita bersama-sama mewujudkan birokrasi yang modern dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tambahnya.
Dengan adanya bimbingan teknis ini, diharapkan seluruh jajaran PNS di lingkungan Pemkab Tanjung Jabung Barat dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan era digital dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Digitalisasi arsip di lingkungan Pemkab Tanjung Jabung Barat diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan.
sumber : Prokopim TJB