Bupati dan Polairud Bersinergi Tingkatkan Keselamatan Nelayan di Tungkal Ilir

Kuala Tungkal – “Seperti yang kita ketahui, mayoritas masyarakat di wilayah Tungkal Ilir adalah nelayan. Kami bersama Polairud sebagai garda terdepan senantiasa menjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan para nelayan,”

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. Anwar Sadat, M.Ag., saat memberikan sambutan pada acara peresmian Dermaga Polairud, Tungkal I, Tungkal Ilir, Kamis (18/7).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Anwar Sadat menegaskan kepada para nelayan untuk selalu menyiapkan pelampung yang sudah diberikan oleh Polres Tanjung Jabung Barat sebelumnya.

“Alhamdulillah, kami sudah memberikan jaminan asuransi kesehatan kepada seluruh nelayan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ini untuk menjamin kelangsungan dan kepastian kesehatan serta keselamatan,” ucap Bupati.

Dirinya juga menyampaikan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan BPJS. Sehingga pada tahun 2025, para nelayan tidak perlu lagi menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk berobat. Mereka cukup menggunakan KTP untuk berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau Puskesmas, sehingga prosesnya lebih cepat dan tidak berbelit-belit.

Bupati juga mengapresiasi peresmian dermaga ini dan berharap dengan adanya penambahan dermaga, Polairud dapat lebih tanggap dan cepat dalam menangani musibah yang terjadi pada nelayan tanpa terpengaruh oleh pasang surut air.

Sebelumnya, Kapolres AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M., dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Bupati Tanjung Jabung Barat serta Bank 9 Jambi Cabang Kuala Tungkal atas bantuan CSR sebesar 150 juta untuk pembangunan Dermaga Polairud tersebut.

“Selama ini dermaga kita ± 50 meter. Dengan adanya hibah CSR ini, kita tambahkan 41 meter serta di ujungnya kita buat pos pelayanan Polairud guna memfasilitasi pelayanan pengaduan masyarakat sehingga kedepannya bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Kapolres Agung.

Dalam acara peresmian, Bupati bersama para stakeholder juga memberikan bantuan 40 paket sembako kepada Nelayan Pesisir.

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Kapolres Tanjung Jabung Barat, Kepala Bank 9 Jambi, Kadis Perikanan, PJU Polres, Kapolsek Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP), Kapolsek Tungkal Ilir, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para nelayan sekitar pos Polairud.