BUPATI SHOLAT IDUL ADHA DAN SERAHKAN HEWAN QURBAN DI MASJID AGUNG

KUALA TUNGKAL – Bupati Tanjabbar DR. Ir. H. Safrial, MS bersama Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib melaksanakan Solat Idul Adha di Masjid Agung Al-Istiqamah Kuala Tungkal, Jum’at (01/09/17).

Hadir juga pada kesempatan tersebut jajaran Forkompimda diantaranya Ketua PA Drs. H. Mohd Dongan, Kajari Tri Jokon SH, Dandim 0419/Tanjab Letkol Arh Hary Sassono Utomo, SH Wakapolres KOMPOL Hendri Batubara dan Sekda Drs. H. Ambok Tuo serta Ketua MUI KH. Abd. Halm Kasim, SH serta Kepala Dinas/Intansi di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjabbar dan masyarakat sekitar.

Bertindak selaku imam solat idlul adha ustadz Drs. H. Syarruddin Awang, dan khatib ustadz Drs. H. Mahyuddin Arif, M.Ud, Wakil Ketua I STAI An-Nadwah Kuala Tungkal.

Bupati H. Safrial dalam sambutannya mengatakan Hari Raya Idul Adha ini mempunyai 3 kaidah yang terkandung di dalamnya yang sangat melekat dalam kehidupan kita diantaranya bagi umat islam yang mampu akan melaksanakan rukun islam yang kelima yaitu pergi haji.

Kemudian nilai pengorbanan dari si kaya kepada si miskin ditandai dengan pemotongan hewan kurban dan dagingnya dibagikan kepada yang berhak dan itu merupakan perwujudan kebersamaan untuk saling membantu, dan kebersamaan untuk bersatu.

“Kita semua berharap melalui hari raya qirban ini, mari kita tumbuhkan dan membangun semangat kebersamaan dan toleransi, menuju Kabupaten Tanjabbar semain lebih baik,” ujar Bupati.

Sementara ustadz Drs. H. Mahyuddin Arif, M.Ud, dalam khutbahnya menggambarkan cerita dibalik perjalanan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya yang menjalankan perintah Allah SWT dengan penuh keikhlasan.

Nabi Ibrahim diuji dengan perintah mengkurban atau menyembelih putranya Nabi Ismail AS. Namun dengan penuh keikhlasan perintah ini pun dilaksanakan dan bersama putranya berserah diri kepada Allah SWT. Namun, keikhlasan ini mendapat berkah dari Allah SWT dengan digantinya Ismail AS dengan seekor domba yang sangat besar untuk dikurbankan.

“Dalam kisahnya terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat diambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari, apabila yang dilakukan ikhlas karna Allah SWT, pasti akan ada ganjaran atau gantinya dari Allah SWT,” ungkapnya

Usai solat Id Bupati H. Safrial didampingi Sekda H. Ambok Tuo menyerahkan hewan Qurban berupa 1 ekor sapi kepada panitia Qyrban Masjid Agung Al-Istiqamah Kuala Tungkal yang diterimakan oleh Nadir Am KH. Abd. Halim Kasim, SH.

Kemudian menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Festival Pawai Takbiran diul Adha 1438H. Serta menlanjutkan open house di rumah jabatan Bupati.

Adapun para pemenang lomba Festival Pawai Takbiran Idul Adha 1438 H yakni Juara 1 Masjid Saadatul Mukarromah Kampung Nelayan, Juara 2 Masjid Nurul Iman, Juara 3 Masjid Nurul Jami. Kemudian Harapan 1 Masjid Darussalam, Harapan 2 Masjid Agung, Harapan 3 Sanggar Sri Rezeki dan juara Favorid Masjid Assuhada.

Sumber : Lintas Tungkal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *