SEKDA PIMPIN SIDAK KE SEJUMLAH SKPD

Kuala Tungkal – Sekda Tanjung Jabung Barat Ir. H. Firdaus Khatab, MM, Rabu (22/) pagi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dampingi tim gabungan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan sejumlah Asisten langsung blusukan kebeberapa SKPD.

Sekda menjelaskan, sidak yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisplinan para PNS. “Sidak ini kami lakukan sebagai mekanisme pengawasan kedisiplinan para PNS,” terang Sekda kepada sejumlah wartawan.

Dikatakan Sekda, usai cuti bersama lebaran, terkadang masih ada PNS yang nambah libur. Hal seperti ini harus kita tindak dan diberi sanksi, sesuai PP No 53/2010 tentang Disiplin PNS. Seperti kita ketahui, cuti lersama Lebaran 1436 Hijriah bagi pegawai negeri sipil (PNS) telah ditetapkan pemerintah. “Jadwal cuti bersama ditetapkan berakhir 21 Juli. Sehingga pada Rabu, 22 Juli sudah masuk kerja,” katanya.

Dalam blusukan pagi itu, Sekda dan tim sidak langsung meluncur menuju beberapa SKPD. Sasaran pertama ialah Dinas Kesehatan, kemudian ke Dinas Pendidikan, kemudia Sekda dan rombongan melanjutkan sidak ke RSUD Daud Arif. Di rumah sakit milik pemerintah, Sekda dan rombongan langsung mengecek tingkat kehadiran pegawai dan kegiatan pelayanan. Sidak dilanjutkan ke Pol PP, Dinas Peternakan, PPKTB, Damkar, PDEPKD terakhir di Dinas Pertanian.

“Saya sudah melakukan peninjauan langsung untuk melihat tingkat kehadiran pegawai setelah libur lebaran. Alhamdulillah, tingkat kehadarinnya mendekati maksimal,” ujar Sekda ketika mengakhiri sidak.

Dipaparkan, tingginya tingkat kehadiran PNS tidak sekedar dibuktikan dalam absensi. Tetapi juga sudah berjalannya pelayanan kepada mayarakat. “Di beberapa tempat yang kita kunjungi, kegiatan pelayanan kepada masyarakat sudah berjalan dengan baik, seperti di RSUD tadi,” paparnya.

Meski demikian, Sekda tidak memungkiri ada sejumlah PNS yang tidak masuk kerja. Namun tidak seluruhnya bolos. “Memang ada yang tidak masuk, namun ada keterangan yang jelas. Seperti karena sakit yang dilengkapi dengan surat keterangan dokter, cuti dan karena izin penting. Sedangkan yang tidak masuk tanpa penjelasan akan kita minta diproses oleh masing-masing satuan kerjanya, makanya absensi kita bawa,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *