1224 MUSTAHIK TERIMA ZAKAT DARI BAZNAS TANJABAR

Kuala Tungkal – Sebanyak 1224 mustahik mendapatkan zakat konsumtif yang dibagikan oleh  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penyaluran zakat dan infaq tersebut secara simbolis dilakukan oleh Bupati H. Usman Ermuan, di Kantor Sekretariat Baznas Jalan Kihajar Dewantara Kuala Tungkal, Selasa (14/7/2015).

Bupati mengharapkan, semoga zakat yang diberikan dapat meringankan beban penerima. Disamping itu, diharapkan zakat tersebut dapat meningkatkan amal ibadah dan belajar agama Islam yang lebih mendalam.

Dikatakan Bupati, hakekat penyaluran zakat merupakan bentuk kepedulian umat Islam, untuk menyisihkan hartanya sebesar 2,5 persen. Terlebih dalam harta setiap orang Muslim ada bagian tertentu yang harus dikeluarkan kepada para asnaf atau mustahik. Disamping itu penyaluran zakat merupakan upaya untuk mensucikan diri atau harta yang dimiliki.

Selanjutnya Bupati berharap agar para mustahik tidak selamanya untuk menjadi mustahik, namun kedepan menjadi muzakki atau pemberi zakat. Hal ini bisa terwujud, jika umat Islam komitmen untuk meningkatkan kesejahteraannya. Uajar Bupati.

Sementara itu, Ketua Baznas Tanjung Jabung Barat Husein Tanjung mengatakan,  para penerima zakat ini terdiri dari golongan fakir, miskin, fisabilillah, kaum duafa, mualaf. Total dana zakat yang disalurkan sebesar Rp. 121 juta.

Lebih kanjuta ia katakan, penyaluran sengaja dilakukan tidak satu tempat mengingat jumlah penerima yang sangat banyak, kita akan bagikan di delapan kelurahan serentak dengan waktu yang sama dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB, hal ini dilakukan untuk memecah konsentrasi masa, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dirincikannya penerima yang disebar di kelurahan sebanyak 900 orang. Setiap kelurahan volumenya tidak sama. Sedangkan yang menerima di Kantor Baznas sebanyak 324 orang. Mereka terdiri dari guru 214, buruh 30 dan mualaf 50 orang.

Setiap mustahik menerima zakat dari Baznas Tanjung Jabung Barat sebesar Rp 80 ribu, dana tersebut nantinya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan menjelang lebaran, ungkap Husein Tanjung. Namun diluar dari 1224 tersebuh Baznas menyeiapkan dana tambahan untuk antisipasi warga yang datang akrena tidak kebagian kupon. Namunbesarannya sudah berbeda dengan yang telah ditentukan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *