diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

TANJAB BARAT RAIH DUA PENGHARGAAN PENCAK SILAT DI TMII

Mewakili Provinsi Jambi di Parade Seni Beladiri Pebcak Silat Nusantara ke 1 TMII 2019, Tim Kesenian Pencak Silat Al –Wafi  dari Kecamatan Renah Mendaluh Kabupaten Tanjung Jabung Barat, berhasil meraih  2 (dua) penghargaan, yakni Penyaji Unggulan Terbaik dan Penatara Rias-Busana terbaik.

Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr.Ir.H. Safrial,MS  didampingi istri yang juga anggota DPRD Kab.Tanjung Jabung Barat Hj.Cici Halimah,SE hadir dan duduk di kursi tamu kehormatan Gedung sasono Langen Budoyo TMII Jakarta. Menyaksikan secara langsung dan mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir penampilan.

Didampingi istri Cici Halimah Safrial, serta Camat Renah Mendaluh Kab.Tanjab Barat , dalam wawancara bersama  awak media menyampaikan bahwa target utama dari keikutsertaan Kab.Tanjabar dalam event ini bukan juara, tetapi lebih penting dari itu adalah, bagaimana agar masyarakat secara nasional mengetahui bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki produk warisan budaya leluhur yang sampai sekarang masih hidup ditengah masyarakatnya.

“Untuk event-event  Festival ditingkat nasional seperti ini, saya tidak memberi target harus juara, tapi yang lebih penting dari itu adalah menunjukkan bahwa kami Kab Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi masih punya kebudayaan yang masih bisa kami sajikan hingga saat ini”, ujar Safrial

“Dalam momen ini adalah kisah perjuangan orang-orang tua kami dalam menghadapi penjajahan Belanda. Bahwa kami juga punya panglima-panglima, diantaranya seperti  yang ditampilkan tadi yaitu perjuangan Panglima Supi dan Panglima Bujal yang berperang hingga perbatasan Kerinci dan Palembang. Ini artinya, daerah kami juga memiliki andil dalam kemerdekaan Indonesia.” Lanjut Safrial.

Sementara itu istri Bupati Tanjab Barat Hj.Cici Halimah yang juga  anggota DPRD Kab. Tanjab Barat berharap, kegiatan semacam ini dapat memberi dampak positif bagi pertumbuhan kesenian Pencak Silat dan juga seni-seni budaya lainnya di daerah.

“Terlepas fungsi saya sebagai Anggota DPRD, tentu saya berharap kegiatan ini akan menumbuhkembangkan kesenian Pencak silat di daerah, dan tentunya saya akan mendorong agar kegiatan semacam ini dapat kita jadikan terobosan untuk penyusunan program kerja berjenjang melalui dinas terkait, untuk menumbuhkembangkan seni budaya tradisional yang kita miliki” Ujar Cici Halimah.

Usai penampilan di gedung sasono Langen Budoyo, Tim Kesenian Pencak Silat Kabupaten Tanjung Jabung Barat, selanjutnya melaksanakan kirab/Karnaval dan atraksi seni di Pelataran Tugu Api Pancasila Sakti, kemudian melanjutkan kirab di Jalan Raya TMII dan finish kembali ke Anjungan Jambi TMII.

Acara Parade Seni Bela Diri Pencak Silat Nusantara ke 1 TMII 2019 ini, melahirkan juara umum yakni Provinsi Jawa Barat. Dewan juri terdiri dari orang-orang ahli dalam seni beladiri Pencak Silat antara lain Fahmi Badri, Prasetyo Joko Sasongko dan Juri Kehormatan – Maulana Kholid.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.