KABAR GEMBIRA, PEMKAB TANJABBAR BAKAL KIRIM PELAJAR KULIAH DI STP DAN STID

KUALA TUNGKAL – Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat akan mengirim 5 pelajar untuk kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi.

Bupati Tanjabbar DR. Ir. H. Safrial, MS mengungkapkan hal itu pada acara melepas kontingen FASI Tanjabbar untuk mengikuti FASI tingkat Provinsi di rumah dinas Bupati, Jum’at (03/11/17

“Saya sudah perintahkan Kadis P&K, tahun 2018 kita akan seleksi untuk tahap pertama, kita akan coba 4 orang dulu ke STP dan 1 orang ke STTD,” ujar Safrial.

Menurut Bupati, hal itu karena Tanjabbar sangat kekurangan tenaga teknsi pada bidang pariwisata maupun transportasi darat, terobosan ini juga merupakan investasi masa depan Pemkab Tanjabbar.

Safrial mengatakan, kerja sama dengan perguruan tinggi di bawah naungan Kementrian Pariwisatan dan Kemenhub ini diharapkan ke depan para pelajar yang dikirim lulus dapat menjadi tenaga enterprenuer maupun tenaga ahli di bidang transportasi darat.

“Apalagi ke depan kawasan timur termasuk Jambi mulai dikembangakan perkeretaapian tentu memerlukan tenaga yang ahli. Sebab itu, kita harus mempersiapkan generasi daerah ini,” kata Bupati.

Terkait rencana itu, jelas Bupati, Pemkab akan menganggarkan bea siswa bagi pelajar yang kuliah di STP tersebut melalu APBD Tanjab Barat. Namun untuk yang kuliah di STID, lanjut Bupati, Pemkab hanya sebatas rekomendasi tampa menyertakan bea siswa. Artinya biaya sendiri. Pasalnya setelah lulus dari STID ini mereka sudah PNS.

“Untuk ke STID kita coba kirim 1 orang dulu dari jurusan IPA (hanya jurusan IPA yang diterima red), sama melalui tahap seleksi, bedanya Pemkab tidak membiyai, karena lulus dari STID apakah DIII atau DIV, mereka otomatis PNS,” terang Safrial.

Pengiriman pelajar tersebut merupakan tindaklanjut kerjasama Pemkab Tanjabbar dengan STP Bandung. MoU nya diteken oleh Bupati Tanjabbar dan Ketua STP Dr. Anang Sutomo, MM, Par, CHE, pada Selasa, 12 Oktober 2016 lalu.

Demikian juga dengan STTD Pemkab Tanjabbar telah MoU yang ditandatangai oleh Bupati Safrial dengan Ketua STTD Bekasi Sigit Irfansyah, ATD, M.Sc pada Rabu 18 Mei 2017.*

 

Sumber : Lintas Tungkal

Add Comment