Tips Belajar yang Berkesan untuk Pelajar

Tips Belajar Berkesan – Setiap pelajar diharapkan memiliki strategi belajar yang baik. Pelajar perlu memahami bahwa tidak ada satu ‘formula’ yang pasti dan tepat untuk merumuskan satu aturan yang paling baik untuk menghadapi pelajaran. Semua itu tergantung kepada diri pelajar itu sendiri. Setiap materi yang dipelajari dihapakan memiliki kesan tersendiri. Pelajar yang melakukan cara belajar yang benar akan lebih mudah mencapai kesuksesan dibanding dengan pelajar yang belajar yang tak beraturan. Apabila setiap pengajar dan pelajar mampu menciaptakan suasana belajar yang berkesan, maka suasana belajar mengajar akan semakin hidup.
Berikut ini tips belajar yang berkesan untuk membantu para pelajar:1. Memanfaatkan waktu yang ada
Setiap pelajar diharapkan mampu memanfaatkan waktu di mana pun berada. Misal sambil jalan pulang, mengunggu angkutan, atau sedang santau, cobalah sambil membaca satu atau mengingat pelajaran yang telah dibaca.2. Selalu membawa buku
Bawalah buku ke mana saja Anda pergi. Sikap ini bukan bermaksud agar bersungguh-sungguh untuk selalu belajar.

3. Belajar pagi hari
Belajar di pagi hari lebih, otak lebih mudah menerima apa yang sedang dipelajari, karena otak masih segar.

4. Buatlah ringkasan
Ringkasan tersebut untuk mengulas kembali apa yang telah Anda baca. Pada saat ulangan, Anda cukup mengulangi belajar dari ringkasan tersebut.

5. Mengikut jadwal secara lengkap

Patuhilah jadwal yang sudah ditetapkan. Jangan mengikuti perasaan negatif. Terkadang salah satu pelajaran ada yang membosankan, sebaiknya ikuti saja, itu memang tugas anda sebagai pelajar harus mengikuti semua pelajaran yang sudah ditentukan.

6. Mencoba

soal
tahun laluIni bertujuan mempelajari soal-soal yang dudah pernah diujikan, siapa tahu ada yang dikeluarkan lagi untuk tahun ini.7. Seringlah mengulang materi

Semakin sering mengulang materi, maka Anda akan semakin hafal dan dan paham.

8. Tanyakan yang tidak paham

Tanyakan saja materi yang belum paham langsung ke guru atau ke teman yang pandai.

9. Fokuslah pada pelajaran yang lemah

Jika ada salah satu pelajaran yang sulit dipahami, seringlah membaca berulang.

10. Kunjungilah perpustakaan

Perpustakaan adalah sumber ilmu, segala pertanyaan Anda akan terjawab pada buku-buku tertentu.

11. Jadilah contoh yang baik di rumah

Jadikan diri anda sebagai contoh kepada adik Anda dan tetangga. Beritahulah mereka jangan membuang masa depan dengan hal yang tidak penting.

12. Imbangi antara kurikulum dan akademik

13. Belajar koreksi diri

Janganlah membandingkan dengan teman yang cerdas, mungkin mereka memiliki IQ yang lebih tinggi. Jadikan hal tersebut sebagai pengacu Anda untuk bisa maju, Anda harus lebih sering membaca agar selalu ingat dengan materi tersebut.

14. Persiapan sebelum ulangan

Pelajarilah kembali semua materi yang akan diujikan.

15. Hindari gangguan emosi

Gangguan ini misalnya diajak bermain yang kurang penting. Gantilah kegiatan bermain dengan mendengarkan musik yang dapat mendukung suasana belajar.

16. Kurangi pekerjaan rumah tangga

Ketika datang ujian sekolah, Anda sebaiknya membantu kegiatan orng tua dengan memilih pekerjaan yang mudah dan tidak menguras tenaga.

17. Rencanakan jadwal mengkaji ulang materi tahun lalu

18. Belajar menyesuikan diri dengan segala keadaan

19. Berhati-hati berteman yang tidak sejalan dengan Anda

20. Teruslah belajar walaupun belum ada kemajuan

21. Tunjukkan bakat dan minat anda

Itulah beberapa tips belajar yang berkesan, semoga memberikan banyak manfaat bagi para pembaca. Belajar merupakan suatu proses sebuah kegiatan yang mengandung seni. Apabila anda dapat menguasai seni tersebut, maka Anda bisa sukses walaupun diri anda mempunyai beberapa kekurangan. Besar harapan, semoga lembaran tips belajar yang berkesan ini menguatkan anda untuk menggapai prestasi yang lebih cemerlang dalam pelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *