PERINGATAN HARI BUMI DI TANJAB BARAT LAKUKAN AKSI NYATA TANAM 1000 POHON

KUALA TUNGKAL – Pelaksanaan Peringatan Hari Bumi Regional Palembang Tahun 2015  di Desa Semau, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sabtu (12/12) dibarengi dengan aksi nyata penanaman 1000 pohon Produktif dan Pelindung.

Peringatan Hari Bumi Se Sumatera ini mengusug tema “Melalui Penghijauan Kita Lestarikan Bumi Untuk Kesejahteraan Keluarga”, dihadiri Pj Gubernur Jambi, Ketua TP PKK Puasat, Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Ketua TPP PKK Kab Tanjab Barat dan Ketua TPP PKK Provisi se Sumetera serta Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Bupati Tanjab Barat H. Usman Ermulan dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Bumi ditempatkan di Desa Semau, Kecamatan Bram Itam, adalah suatu momen untuk membangkitkan penghijauan bumi dan lingkungan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. “Ini yang pertama kali untuk Tanjabbar ditunjuk untuk menyelenggarakan Peringatan Hari Bumi Regional Palembang,” ujarnya.

Meskipun penanaman 1000 pohon yang kita lakukan saat ini hanya berupa aksi kecil yang sederhana namun akan dapat memberikan perubahan yang besar bagi bumi dan lingkungan hidup. Apalagi jika aksi tersebut dilakukan secara bersama-sama dan terus menerus. Jangan takut untuk melakukan hal-hal kecil karena sekecil apapun dan sesederhana apapun akan sangat berpengaruh pada bumi dan lingkungan hidup.

Pohon memainkan peran penting dalam mengurangi kemiskinan, bencana alam, pencemaran udara, dan pemanasan global. Tanamlah pohon karena dengan berbagai manfaatnya, menanam pohon menjadi investasi masuk surga.

Sementara Ketua TP PKK Pusat Ny. dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengatakan, maksud dari peringatan Hari Bumi ini adalah untuk melakukan refleksi tentang pentingnya kelestarian lingkungan demi keberlangsungan kehidupan di bumi.

Hingga tahun 2015 ini kata Erni, peringtan hari bumi telah dilaksanakan untuk yang ke 45 kalinya oleh masyarakat dunia.

“Dipilihnya Kabupaten Tanjung Jabung Barat tempat pelaksanaan Aksi Nyata Penanaman 1000 pohon Hari Bumi 2015, untuk megetahui kondisi di tanah rawa atau pasang surut ditanami dengan berbagai tanaman pelindung dan produktif yang bisa ditanam di daerah dataran tinggi, ternyata kondisi di Tanjabbar bisa hidup juga, ujarnya.

Usai memberikan sambutan, dilakukan Penyeraban bibit pinang, durian, rambutan dan mangga kepada masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon 1000 pohon secara simbolis di sekeliling Lapangan Sepak Bola Desa Semau Kecamatan Betara. Dimulai oleh Pj. Gubernur Jambi Dr. Ir. H. Irman, M.Si, Bupati Tanjab Barat Drs. H. Usman Ermulan, MM, Ketua TP PKK Pusat Ny. dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Ketua TP PKK Provisni Jambi Ny. Hj. Aslinah Irman, SH, Ketua TP PKK Tanjab Barat Ny. Hj. Ir. Esrita Usman, M.Si serat Ketua TP PKK Porvinsi Se Sumatera dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *