Sekda Buka Sosialisasi Sensus Pertanian Tahun 2013

Kuala Tungkal, Dalam rangka mensukseskan Sensus Pertanian 2013, BPS Tanjung Jabung Barat mengadakan sosialisasi dan publisitas Sensus Pertanian ST2013 untuk menggugah kembali kesadaran masyarakat tentang pentingnya Sensus Pertanian, sekaligus memberikan pemahaman terkait manfaat ST2013 bagi masa depan petani. Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Arief Munandar, SE yang berlangsung di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Kamis, (28/03).

Acara diikuti Dinas/Instansi terkait Bidang Pertanian dalam lingkungan Pemkab Tanjung Jabung Barat, Organisasi/Asosiasi Pertanian, Perusahaan Pertanian, HKTI (Himpunan Keluarga Tani Indonesia) Tanjab Barat, Camat se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta Media Cetak dan Elektronik. Diisi pemateri dari BPS Provinsi Jambi Yos Rusdiasnyah dan Bappeda Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pada kesempatan tersebut, Sekda menyampaikan ST2013 ini bertujuan untuk mengumpulkan data pokok meliputi skala usaha dan input usaha pertanian, penguasaan dan penggunaan lahan, luas tanam, irigasi, peternakan, budidaya dan penangkapan ikan, budidaya kehutanan dan sosial ekonomi di kawasan hutan, dan pengelola usaha pertanian. Guna mensukseskan Sensus Pertanian 2013 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 31 Maret 2013, Sekda menghimbau kepada peserta untuk turut serta mensukseskan Sensus Pertanian 2013 dengan cara ikut berperan aktif mensosialisasikan dan mempublis Sensus Pertanian 2013 kepada masyarakat luas, agar petani dapat memberikan jawaban yang sebenar-benarnya sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Hasil dari jawaban petani tersebut nantinya, lanjut Sekda, akan digunakan sebagai bahan perencanaan implementasi kebijakan dan evaluasi program pembangunan pertanian. Sedangkan hasil olah cepatnya akan disampaikan pada pidato presiden tanggal 16 Agustus 2013. Untuk itu Pemkab Tanjung Jabung Barat memberikan dukungan penuh atas Sensus Pertanian Tahun 2013 ini, demikian disampaikan  Sekda.

Sementara itu, Kepala BPS Tanjung Jabung Barat P. Marpaung dalam laporannya menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dan akan dilakukan terkait dengan publisitas ST 2013 diantaranya Apel Siaga segenap jajaran BPS Pusat dan Daerah, sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan, pemasangan spanduk dan poster penyebaran leaflet, iklan dan talkshow di Radio dan Televisi Lokal.

Dan untuk mendapatkan dukungan serta partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat terhadap kegiatan ST2013, dijelaskannya, BPS menetapkan tema kampanye ST2013 “Kebenaran Jawaban Anda Membantu Keberhasilan Pembangunan Pertanian”, yang menyampaikan pesan bahwa kebenaran jawaban yang diberikan pelaku usaha pertanian akan mewujudkan tersedianya informasi yang dibutuhkan pemerintah, kementrian/lembaga, organisas/asosiasi, swasta dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya pembangunan pertanian melalui program-program pertanian sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan petania yang lebih baik. 

Penulis: Eka Fatmawati, S.IP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *