BUPATI TANJABAR HADIRI PERINGATAN HKP KE 43 DI KAB.SAROLANGUN

SAROLANGUN, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Usman Ermulan, MM didampingi Istri Ny. Hj. Esrita Usman, menghadiri peringatan Puncak Hari Krida Pertanian ke-43 Tahun 2015 Tingkat Provinsi Jambi yang berlangsung di halaman Gelora Kabupaten Sarolangun, Senin (01/6) siang.

Dalam acara tersebut dihadiri Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi Ny. Yusniana HBA, Ketua TP PKK Kabupaten Sarolangun Ny. Hj. Rosita Endra, Wakil Bupati Drs. H Pahrul Rozi, M.Si, para bupati dan walikota se Provinsi Jambi.

Disamping itu juga hadir Anggota DPR RI Dapil Jambi, Anggota DPD RI dapil Jambi, DPRD Provinsi Jambi, Dan ribuan undangan lainya yang berasal dari seluruh lapisan masyarakat. Peltu Sekda Tanjab Barat H. Firdasu Khatab, Asisten II Syafriwan, SE dan beberapa SKPD di lingkup Pemkab Tanjab Barat.

Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus pad akesempatan itu mengajak kepada stikholder yang ada di Jambi terutama Bupati/wali kota untuk menjadikan HKP ke-43 Tahun 2015 Tingkat Provinsi Jambi yang setiap tahun dilaksanak, sebagai momentum mewujudkan Swasembada Pangan yang berkelanjutan di Jambi.

Hal ini sesuai dengan, tema Hari Krida Pertanian ke-43 Tingkat Provinsi Jambi ini, yakni “Dengan Memperingati Hari Krida Pertanian, Kita Tingkatkan Semangat Kerja untuk Mencapai Swasembada Pangan Berkelanjutan Guna Mewujudkan Kemandirian Petani,” kata HBA saat memberikan sambutan kemarin.

Lanjut Gubernur menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menjadikan swasembada pangan sebagai prioritas dalam pembangunan, dengan langkah strategis yang diambil dalam percepatan pencapaian tujuan program pembangunan antara lain dilakukan melalui peningkatan kesejahteraan petani, yang didukung melalui peningkatan jalan produksi dan irigasi, penyediaan bibit unggul yang baik, pengadaan pupuk dan pemberian penyuluhan yang intensif.

“Saya mengajak seluruh insan pertanian untuk senantiasa mampu bekerja keras dalam rangka mensukseskan program pangan ini,” ungkap gubernur.

Selain itu, gubernur juga menyerahkan berbagai bantuan pertanian kepada kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

Usai acara puncak, Gubernur bersama rombongan diringi para Bupati dan walikota, meninjau meninjau stan-stan pameran pertanian Kabupaten/Kota yang ditampilkan masing-masing daerah dalam Hari Krida Pertanian ke-43 tahun 2015 Tingkat Provinsi Jambi tersebut.

Kegiatan HKP diisi dengan berbagai bentuk kegiatan salah satunya dengan membuka stand pameran oleh seluruh kabupaten/kota, instansi Provinsi terkait dan BPTP Jambi. Stand pameran diisi dengan berbagai contoh produk pertanian, alat pengolahan produk, leaflet serta banner yang berisikan informasi pertanian. BPTP Jambi dalam mendukung HKP menampilkan berbagai produk hasil pengkajian. Produk yang ditampilkan oleh BPTP Jambi diantaranya berbagai kudapan yang dihasilkan dari pengolahan kulit buah Jeruk Pamelo Astano, bentuk limbah kulit kopi dan limbah tandan kosong kelapa sawit dalam beberapa tahapan pengolahan menjadi kompos, bentuk kopi Libtukom hingga ke bubuk kopi, berbagai contoh bulir dari varietas padi, hasil cacahan pelepah sawit sebagai pakan ternak dan vertihidroponik. Selain menampilkan produk pertanian, stand BPTP Jambi juga memutar berbagai video teknologi pertanian yang telah dihasilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *