WABUP BERI MOTIVASI PESERTA TC KAFILAH MTQ

KUALA TUNGKAL,  – Menjelang pelaksanaan perehlatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-45 tingkat Provinsi Jambi pada Juli 2015 mendatang di Tebo. Kafilah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dibawah koordinasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), melaksanakan Training Centre (TC) Pemusatan Latihan Tahap I selama 7 hari yang dimulai pada 16 s/d 22 April 2015 mendatang.

Pada saat pembukaan pelaksanaan TC tahap I, Kamis malam Jumat (16/4) di Aula Hotel Cahaya Kawasan Jalan Pelabuhan Kuala Tungkal. Wakil Bupati Katamso, SA, SE, ME yang juga Ketua Umum LPTQ Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengharapkan agar semua peserta TC untuk meningkatkan kemampuan dan prestasinya guna meraih yang terbaik, untuk itu ada beberapa hal yang saya pesankan agar menjadi perhatian bagi peserta TC, yaitu.

Serius dalam mengikuti semua kegiatan TC atau pemusatan latihan dengan selalu memperhatikan petunjuk, bimbingan, dan arahan dari pelatih sehingga pada saatnya nanti dapat mempraktekkannya di arena MTQ dengan sebaik-baiknya.

Dalam pelaksanaan TC hendaknya peserta, pelatih, dan panitia harus lebih menekankan pda kekurangan, kelemahan, dan permasalahan yang menajdikan jatuhnaya peserta kita di MTQ, untuk lebih diutamakan dan diperhatikakn, agar pada perhelatan MTQ ini kita setidaknya meningkat dari tahun-tahun sebelumnya yang stagnan berada pada posisi keempat atau juara harapan I. sebab sebab usaha yang dilakukan saat ini sangat menentukan keberhasilan nantinya.

Selain itu, Katamso juga mengingatkan, khusus pada cabang M2IQ prestasinya jatuh pada MTQ Provinsi tahun lalu, agar betul-betul digembeleng. Sebaga cabag ini dapat dikatakan sebagai cerminan pemahaman dan pemgamalan terhadap kandungan Al-Qur’an bagi masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Tidaklah berlebihan jika, saya berharap kepada seluruh peserta TC pemusatan latihan apabila prestasi terbaik dapat saudara-saudara peroleh, maka hal itu termasuk menjadi kebanggaan saya sebagai Wakil Bupati, kebanggaan daerah, serta seluruh masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” harapnya.

Asisten Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Syafriwan, SE selaku ketua panitia TC, mengatakan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka mempersiapkan para peserta TC kafilah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi Jambi ke 45 di Kabupaten Tebo.

Pelaksanaan TC ini berdasarkan Keputusan Ketua Umum LPTQ Kabupaten Tanjung Jabung Barat No : 400/48/AKRK/2015 tentang Panitia Pelaksana TC Kafilah Kabupaten Tanjung Jabung Barat 2014.

Tujuan pelaksanaan TC, lanjut kata Syarfiwan untuk melakukan penyaringan kembali kepada qari’ qari’ah dalam rangka pendalaman materi pelatihan tentang lomba pada MTQ Tingkat Provinsi Jambi serta menyiapkan qari-qariah sebagai duta Tanjung Jabung Barat dalam menghadapi MTQ ke-45 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tebo agar dapat mencapai hasil yang lebih maksimal,” ujarnya.

Ditambahkan, Syafriwan peserta TC adalah para juara MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dilaksanakan di Pengabuan beberapa waktu yang lalu berjumlah 80 orang dengan pelatih sebanyak 24 orang terdiri dari; Pelatih Jakarta 2 orang, pelatih Jambi 6 orang dan pelatih lokal 16 orang. Dan peserta TC akan diberikan pelatihan semua cabang yang akan diperlombakan, yakni moratillah, qori-qoriah (anak/remaja dan dewasa, qori-qoriah sabaah, cacat netra, dan hafid-hafizah (1-30 Zus). Kamudian, mufazir-mufazirrah (bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, cabang fahmil qur’an, dan syarhil qur’an. “Ini lah yang kita persiapkan untuk mengikuti TC yang akan di kirim ke MTQ Provinsi,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *