SEKDA MUKHLIS CANANGKAN DESA SIAGA AKTIF 2014

Kuala Tungkal – Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat Drs. H. Mukhlis, M.Si, Rabu (12/11), mencanangkan Desa Percontohan Desa Siaga Aktif dengan Penggerakan Masyarakat, di Kelurahan Patunas Kec. Tungkal Ilir Kab. Tanjab Barat.

Kegiatan Pencanangan ini, dihadiri Kadis Kesehatan Ahmad Putra, Kaban BKBPMP H.Mulyadi, sejumlah Kepala SKPD lainya dan Camat Tungkal Ilir Jamil Gumri, Lurah Patunas, Tim Penggerak PKK serta warga kel. Patunas.

Sekda H. Muklis, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50, dimaksudkan untuk menjadikan perjalanan pembangunan kesehatan Indonesia, selama setengah abad terakhir ini, sebagai inspirasi untuk mempercepat terwujudnya Bangsa Indonesia yang sehat jasmani, rohani dan sosial serta bermutu, produktif dan berdaya saing, “percepatan ini dilaksanakan dengan mengutamakan upaya promotif preventif dalam pembangunan kesehatan, agar perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), benar – benar diterapkan setiap waktu dan sepanjang hayat oleh seluruh masyarakat,” Ujar Sekda.

Menurut Sekda,” sehat adalah hak setiap orang, setiap orang mempunyai hak yang sama, dalam

memperoleh akses atas sumber daya dibidang keshatan, pelayanan yang aman dan bermutu,
Untuk mencapai Indonesia Sehat, Tambah Sekda, penduduknya hidup dalam lingkungan sehat, berperilaku hidup bersih dan sehat, serta menjangkau pelayanan kesehatan diseluruh desa dan kelurahan, untuk mewujudkan desa atau kelurahan sehat, maka perlu dikembangkan menjadi desa/kelurahan siaga aktif, kepada semua pihak terkait dalam pelaksanaan desa siaga aktif, diharapkan dapat berperan optimal sesuai tupoksinya masing-masing, agar tujuan pengembangan desa dan kelurahan siaga aktif, yaitu masyarakat peduli, tanggap dan sehat secara mandiri dapat terwujud,” demikian harapan sekda.

Hal senada juga disampaikan, Kadis Kesehatan Tanjabbar Ahmad Putra, untuk mewujudkan desa atau kelurahan sehat, maka perlu dijadikan desa/kelurahan siaga aktif,

Dikatakan Ahmad Putra, pengembangan desa siaga aktif merupakan salah satu indikator, dalam standar pelayanan minimal dibidang kesehatan untuk kabupaten dan kota, karena itu, dukungan semua pihak harus berjalan sesuai dengan harapan, terutama petugas puskesmas, bidan di desa dan petugas sektor lainnya, sehingga mendorong terbentuknya desa/kel. Siaga aktif,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *