JAMAAH CALON HAJI TANJAB BARAT DILEPAS

KUALA TUNGKAL, – Seretaris Daerah Tanjung Jabung Barat Drs. H. Muklis, M.Si, didampingi Kabag AKRK Setda Tanjung Jabung Barat Drs. H. M. Yusuf Anwar, melepas keberangkatan jamaah calon haji asal Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2014. Selasa, (16/09) bertempat di Rumah Jabatan Bupati.

Turut dihadiri sejumlah Unsur Forkompimda, Kepala SKPD, Camat, Alim Ulama, perwakilan Bank Kuala Tungkal, pengurus KBIH, serta keluarga jamaah calon haji.

Sekda saat membacakan Sambutan Bupati menyatakan, “Ibadah haji merupakan ritual ibadah umat Islam yang sangat didambakan namun paling sulit dilaksanakan. Keberangkatan haji merupakan moment yang ditunggu semua umat muslim yang telah memenuhi syarat untuk bisa menyempurnakan rukum Islam yang ke lima. Untuk itu jaga aturan rukun menunaikan haji agar cita-cita menjadi haji mabrur bisa diraih.” Kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda berpesan ”kepada jamaah calon haji untuk saling menjaga, saling memperhatikan, yang muda menuntun yang lebih tua, yang kuat bantu yang lemah, jaga kesehatan, stamina, pergunakan waktu dengan baik, istirahat yang cukup, jalin komunikasi yang baik serta laporkan jika ada hal-hal yang saudara rasa mencurigakan,“harapnya.

Selanjutnya Kemenag Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs. H. Sulaiman, M.Pd.I dalam laporannya menyampaikan, Jamaah Calon Haji Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2014 terdaftar pada Kloter 17 Periode II, berjumlah 318 orang jamaah, terdiri dari 142 laki-laki dan 176 perempuan. Jumlah itu kata Sulaiman, jika dibanding dengan tahun lalu 180 orang jamaah, maka ada peningkatan 43 persen pada tahun 2014 ini.

Sulaiman menambahkan, dari 318 orang jamaah berasal dari Kec. Tungkal Ilir 213 orang, Kec. Betara 21 orang, Kec. Tungkal Ulu 20 oraang, Kec. Merlung 5 orang, Kec. Senyerang 11 orang dan Kec. Pengabuan 30 orang. Usia tertua jamaah 89 tahun dan termuda usia 23 tahun. Semua jamaah yang diberangkatkan sudah mendapatkan bimbingan dan pembekalan tentang haji baik dari kemenag maupun KBIH,” kata Sulaiman.

Jamaah kemudian akan diberangkatkan dari Pelabuhan Marina Kuala Tungkal menuju Embarkasi Batam pada hari Selasa 16 September 2014, pukul 07.00 WIB, menggunakan Ferry Sabang Marindo yaitu jamaah dari nomor urut 1 s/d 225. Sedangkan dari nomor urut 226-318 menggunakan Ferry Marina Ekspres. Selanjutnya pada hari Rabu 17 September 2014, pukul 10.00 WIB jamaah akan diberangkatkan dari Embarkasi Batam menuju Jedah. Sedang kepulangannya diperkirakan tangal 27 Oktober 2014 sampai di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Usai acara pelepasan dilanjutkan dengan ucapan selamat bersalaman seluruh jamaah calon haji dengan Bupati Drs. H. Usman Ermulan, MM beserta jajaran Forkompimda, asisten dan Staf Ahli dan kepala SKPD. disuasana salam-salaman tersebut Bupati H. Usman Ermulan dan istri Hj. Esrita Usman, memberikan ucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh jamaah semoga menjadi haji yang mabrur, seraya dijawab amin oleh jamaah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *