SOSIALISASI PEMELIHARAAN KERUKUNAN INTEREN DAN ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM WILAYAH KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

KUALA TUNGKAL – Wakil Bupati Katamso, SA, SE, ME mengtakan “Kerukunnan umat beragama yang merupakan pilar kerukunan nasional yang dinamis harus terus dipelihara dari waktu ke waktu. “Kita memang tidak boleh berhenti membicarakan dan mengupayakan pemeliharaan kerukunan umat beragama di Indonesia”. Demikian disampaikan Katamso saat membuka acara Sosialisasi Pemeliharaan Kerukunan Interen dan Antar Umat Beragama Dalam Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kamis (28/) di Hotel Masa Kini Kuala Tungkal.

“Dalam kesempatan ini, telah hadir tokoh-tokoh agama baik agama Islam, Kristen dan Katolik serta pengurus ormas keagamaan dan pengurus FKUB, sehingga momentum ini dapat memperteguh komitmen membangun Tanjung Jabung Barat yang aman, rukun dan kondusif, jauh dari konflik bernuansa sara seperti yang terjadi di daerah lain,” kata Wakil Bupati.

“Oleh karena itu, saya sangat mendukung kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan hari in. Mari kita saling bahu membahu menjaga stabilitas dan kondusifitas Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Karena itu, merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua,” kata Wakil Bupati.

Kerukunan umat beragama adalah modal dasar yang paling urgen dalam pembangunan yang berkesinambungan, karenanya melalui kegiatan ini saya mengajak para tokoh agama kiranya dapat menyadari betul hal ini dan tidak bosan memberikan pencerahan kepada ummat masing-masing di tengah-tengah masyarakat tentang pentingnya arti kerukunan ini.

“Walaupun fakta sejarah kabupaten kita selama ini dikenal sebagai masyarakat yang memiliki kultur santun dan religious, tidak mustahil apabila ini tidak kita jaga maka secara konsisten maka potensi konflik itu tetap akan mengintai masyarakat kita setaip saat,” ucap Wakil.

Kepda FKUB Kabupaten Tanjung Jabung Barat saya berharap tumbuhkan Kerukunan yang dinamis, kreatif dan inovatif sesuai budaya daerah kita dengan tetap berpedoman pada SKB menteri, Tidak hanya berfokus pada permohonan ijin pendirian rumah ibadah, tetapi juga melakukan dialog dan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Melakukan jaringan dengaan instansi terkait.

Sementara Kepala Badan Kesbang Pol Andi Andika, SH, dalam laporannya menyebutkab Sosialisasi ini dilaksanakan satu hari tanggal 28 Agustus 2014 di Hotel Masa Kini diikuti 80 peserta. Terdiri dari unsur pemerintah kecamat, Kades/Lurah dan Tokoh Masyarakat se Kabupaten Tanjung Jabung Barat setra Pengasuh dan Pimpinan Sekolah/Madrasah tingkat menengah atas se Kecamatan Tungkal Ilir.

Tambah Andika, materi sosialisasi yang diangkat antara lain “Peran FKUB dalam Mencegah Timbulnya Faham Radikal dan Upaya dan Langkah Penanganan Berkembangnya Penyebaran Faham Radikal dari Kelompok Islamic of Iraq and Syria (ISIS) di Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat”.

“Selmentara nara sumber kita hadirkan dari Pejabat Badan Kesbang Pol Provinsi Jambi, FKUB Provinsi Jambi, Pejabat Kemenag Kab. Tanjung Jabung Barat, Ketua MUI Kabupaten Tanjung Jabung Barat KH. Abd. Halim Kasim, SH, Ketua FKUB Kabupaten Drs. H. Abdul Khalik, SH dan Pejabat Badan Kesbang Kabupaten Tanjung Jabung Barat.” Jelas Andika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *