PAWAI BUDAYA DI TANJUNG JABUNG BARAT MERIAH RIBUAN WARGA TUMPAH RUAH DI JALAN

KUALA TUNGKAL – Dalam rangka menyemarakkan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Repubik Indonesia (RI) ke 69 dan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke 49 tahun 2014, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat menggelar acara pawai budaya mengelilingi kota Kuala Tungkal.

Tujuan pelaksanaan pawai untuk memberikan wahana positif dan edukatif kepada warga untuk menumbuhkan nilai kejuangan dan kegotong-royongan.

Sebanyak 105 peserta pawai berjalan kaki berkeliling sejauh 10 kilometer dalam kota Kuala Tungkal. Peserta pawai terdiri dari tiga kategori. Yaitu kategori Dinas Instansi sebanyak 43 kelompo, kategori Pelajar 47 kelompok dan kategori Umum 15 kelompok. Antara lain TNI dan Polri, ormas, PKK, Darmawanita, perbankan, siswa-siswai dari Paud, Taman Kanak Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) Sekolah LanjutanTingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Negeri dan Sewasta se Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

sekitar pukul 09.00 WIB pawai budaya tersebut di lepas oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Safriwan, SE mewakili Bupati Tanjung Jabung Barat, Senin (18/8) bertempat di halaman Kantor Bupati Jalan Jenderal Sudirman. Pelepasan pawai di hadiri oleh SKPD, Camat Lurah dan Kepala Desa ini di tandai dengan pelepasan pengibasan bendera star oleh Safriwan di damping oleh Kadisporabudpar Tanjung Jabung Barat.

Safriwan dalam arahannya sesaat akan melakukan pelepasan mengatakan bahwa pawai budaya yang diadakan ini adalah turut sertanya Pemkab Tanjung Jabung Barat dalam memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke 69 dan HUT Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke 49 tahun 2014. “Acara ini rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya. Dan acara pawai budaya ini kata Safriwan panitia menyediakan dorprez bermacam hadiah yang akan bagi peserta setelah selesai di finis.

Safriwan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang turut berpartisipasi dalam acara pawai budaya yang di gelar oleh Pemkab. Ia mengharapkan agar pada tahun-tahun yang akan datang acara pawai budaya ini akan di selenggarakan secara lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, tungkas Safriwan.

Star pawai budaya di mulai dari halaman kantor Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Peserta kemudian melakukan pawai karnaval dengan melintasi jalur route yang telah di tetapkan oleh panitia, yakni Jl. Jnd. Sudirman melewati Pangung Kehormatan di Depan Rumah Dinas Bupati, Jln Andalas, Jl. Merdeka/Pelabuhan Jl. Kalimantan, Jl. Panglima Cama, Jl. Siswa Ujung hingga Rumah Dinas Wakil Bupati dan menuju Lokasi Perkantoran dan FINIS di tempat STAR awal.

Dari pantaauan di lapangan animo masyarakat tampak begitu besar menyaksikan jalannya acara pawai budaya tahun ini. Ribuan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat berjejer di sepanjang jalan yang di lalui oleh peserta pawai sambil memberikan aplus pagi peserta pawai yang melintas di hadapan mereka. Apalagi Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah tiga. tahun tidak menyelenggarakan pawai budaya.

Walau cuaca trik, tapi para peserta pawai dari berbagai elemen masyarakat tetap semangat mengikuti rangkaian acara tersebut. Di podium kehormatan, tampak Wakil Bupati Katamso, SA, SE, ME, Seretaris Daerah Drs. H. Muklis, M.Si bersama pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) lainnya. Tampak semangat manyambut dengan salaman dan lambaian tangan setiap peserta pawai yang melintas panggung kehormatan di depan rumah dinas Bupati Tanjung Jabung Barat jalan Jenderal Sudirman.

Begitu juga peserta pawai menunjukkan kebolehan dengan menampilkan ciri khas masing-masing selama dua menit. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri dalam kegiatan tersebut.
Setiap atraksi dari peserta, disambut tepuk tangan dan teriakan meriah dari penonton. Termasuk apresiasi dari bupati dan pejabat lainnya di panggung kehormatan. Seperti biasa, pawai kali ini diwarnai dengan becak hias yang mewakili tiap-tiap TK dan PAUD. Seperti menampilkan hasil capaian pembangunan, penghargaan yang mereka raih, pakaian adat dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *