RANGKAIAN PERINGATAN HUT RI KE 69 TANJUNG JABUNG BARAT BERLANGSUNG MERIAH

KUALA TUNGKAL – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Katamso, SA, SE, ME, memimpin langsung upacara detik detik Proklamasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke 69 tahun 2014 dan penerima Duplikat Copy Sang Merah Putih oleh Seretaris Daerah Drs. H. Muklis, M.Si dan Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. M. Umar Ibrahim, SH di Lapangan Persitaj Kuala Tungkal. Minggu (17/8)

Tema Peringatan HUT ke-69 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2014 adalah “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju dan Sejahtera”.

Turut hadir pada upacara itu, Wakil Bupati Katamso, SA, SE, ME, Seretaris Daerah Drs. H. Muklis, M.Si beserta istri, unsur Forkompinda beserta istri, Kepala Dinas Instansi, Legiun Veteran RI Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Pejabat Eselon III dan IV para PNS dan Honorer di lingkungan Pemkab Tanjung Jabung Barat, Ketua DWP dan PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tokoh Agama dan Masyarakat. Selanjutnya peserta upacara terdiri dari TNI dan Polri, dinas instansi, guru, Organisasi, Perempuan, Pemuda dan ormas, pelajar dan mahasiswa.

Kemerdekaan tidak hanya membebaskan kita dari ketertindasan, tetapi juga harus mendorong kita untuk bekerja lebih keras. Kemerdekaan tidak hanya sebuah peristiwa istimewa yang kita rayakan setiap tahun, namun juga untuk membuat kita bersatu menyelesaikan masalah masalah besar Bangsa dan Negara.

Selesai acara anggota Paskibraka Kab. Tanjung Jabung Barat 2014 meluapkan kegembiraan dengan rasa haru. Kesuksesan pelaksanaan upacara membuat rasa bangga dan haru dengan tangis saling berpelukan merasa waktu yang singkat didalam karantina pembinaan mampu bersatu dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, walau mereka berasal dari sekolah yang berbeda beda namun mampu memberikan sumbangsih terhadap implementasi ber-Bangsa dan ber-Negara.

Usai upacara detik-detik proklamasi dilanjutkan dengan anjangsana Upacara Pemberian Remisi kepada 111 narapidana orang di Lembaga Pemasyarakatn Kelas II B Kuala Tungkal di Kecamatan Bram Itam. Pemberian remisi tersebut secara simbolis dilakukan oleh oleh Wakil Bupati Katamso, SA, SE, ME dihadirii oleh Unsur Forkompimda dan Seretaris Daerah, SKPD serta kepala dinas isnstansi terkait.

Menurut keterangan Kalapas Wahyu Hidayat, Bc,IP, mengatakan dalam laporannya menyebutkan, pemberian remisi yang dilaksanakan setiap tahun adalah hak bagi setiap narapidana, sesuai dengan pasal 14 Ayat 1 UU No. 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan. Besar remisi yang diberikan antara 1 bulan sampai dengan 5 bulan. Selanjutnya ia juga menerangkan jumlah Napi yang berada di Lapas Klas II B Kuala Tungkal saat ini berjumlah 270, narapidana tahanan sebanyak 32, anak-anak 5 orang dan wanita berjumlah 3 orang.

Pada sore harinya di tempat yang sama di Lapangan Persitaj Kuala Tungkal. Kembali dilakukan upacara penurunan bendera yang bertindak selaku Komandan Upacara IPDA Al-Muis dari Polres Tanjung Jabung Barat sedangkan Inspektur Upacara Dandim 0419 Tanjab Dandim 0419 Tanjab Letkol.Inf. Freddino J Silaalahi.
Selanjutnya pada malam harinya (Minggu 17/8) dilaksanakan Acara Resepsi Kenegaraan dengan rangkaian acara tahlilan untuk arwah para pahlawan atas jasa-jasanya untuk kemerdekaan RI serta tausiyah keagamaan di Rumah Jabatan Bupati Jalan Jenderal Sudirman Kuala Tungkal.

Sehari sebelum pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi hari ini (Minggu 17/8) telah dilaksanakan upacara Pengukuhan Paskibraka Pasukan Pengibar Bendera, pada hari Kamis tanggal 14 Agustus 2014 dikukuhkan dalam sebuah upacara. Acara yang diselenggarakan di Rumah Jabatan Bupati, oleh Wakil Bupati Katamso, SA, SE, ME. Dan pada Sabtu (16/8) malam juga telah dilaksanakan upacara renungan suci di Makam Pahlawan Tirta Pengabuan Kuala Tungkal bertindak selaku Inspektur upacara Dandim 0419 Tanjab Letkol.Inf. Freddino J Silaalahi, dihadiri Muspida, Pimpinan DPRD dan sejumlah Kepala SKPD di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Penulis: Fendi | Foto: Fuad/Roy/Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *