PKK TANJAB BARAT RAIH DUA PERSTASI DI TINGKAT NASIONAL

SURABAYA – PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat Raih dua Penghargaan di Tingkat Nasional yaitu Penghargaan Prakarti Madya I Tk. Nasional sebagai Pelaksana Terbaik POSYANDU Tk. Kabupaten Tahun 2014 dan penghargaan sebagai PKK Berprestasi dalam Pembangunan di Bidang Pertanian dari kementrian Pertanian.

Kedua penghargaan itu diterima secara bersamaan ditempat yang berbeda. Penghargaan Prakarti Madya I Tk. Nasional sebagai Pelaksana Terbaik POSYANDU Tk. Kabupaten Tahun 2014 (Posyandu Bougenvil Desa Sungai Terap Kec. Betara), diterima oleh Ibu Diana Hastanti Katamso, S.KM, dari ibu Vita Gumawan Fauzi, SH, di Lapangan Makodan V Brawijaya Surabaya Jawa Timur. Rabu (12/6) kemarin.

Sedangkan Penghargaan PKK Berprestasi dalam Pembangunan di Bidang Pertanian dari kementrian Pertanian yang diberikan kepada Ketua TP.PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat ibu Ir. Hj. Esrita Usman, M.Si, penerimaannya diwakili oleh ibu Hj. Umi Kalsum Muklis, SP, di Stadion Kanjuruhan Malang.
Penerimaan kedua penghargaan berupa Piagam dan Tropi itu berlangung dengan rangkaian kegiatan peringatan HARGANAS XXI Tahun 2014.

Setelah menerima penghargaan tersebut Ny. Diana Hastanti, mengucapkan syukur alhamdulillah, dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terutama para kader yang ada di lapangan, sehingga penghargaan tersebut dapat diraih oleh Posyandu Bougenvil.

Ny. Diana Hastanti juga berharap penghargaan yang diraihnya tersebut dapat menjadi pemacu untuk dapat bekerja lebih baik lagi. Dan posyandi-posyandu yang lain pun dapat seperti Posyandu Bougenvil.” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, keberhasilan yang diraih PKK Kabupaten Tanjung Jabung Barat karena, beberapa faktor diantaranya kerjasama antara satuan kerja perangkat daerah, kemudian para kader di lapangan, dan masyarakatnya yang menjaga kebersihan lingkungan.

Usai penyerahan penghargaan Hj. Vita Gumawan Fauji, SH dalam sambutannya mengatakan “Jawa timur dianggap sebagai provinsi yang konsisten dan berhasil mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Bahkan provinsi ini sempat meraih juara pertama lomba-lomba yang digelar BKKBN pada 2013. Intuk itulah harganas tahun ini kita pusatkan di sini.” katakan Fita Gumawan Fauji, selaku Ketua Dekranas Pusat itu.

Ditambahkannya “Puncak acara Hari Keluarga Nasional akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Budiono bersama istri.”

Selain itu, Jawa Timur menjadi percontohan untuk proyek-proyek inisiasi baru tentang keluarga berencana. Sekaligus merupakan pencanangan gerakan pembangunan keluarga sebagai instruksi dari Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009.” Kata Vita Gumawan Fauzi.

Selanjutnya ibu Grace Haryadi dalam laporannya selaku ketua Panitia mengatakan “Hari Keluarga Nasional tahun ini dilaksanakan Pameran dan Gelar Dagang, mengambil tema “Melalui Hari Keluarga, Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga dalam Mewujudkan Indonesia Sejahtera” Motto Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, Keluarga Masa Depan Indonesia.

Pameran ini diikuti sebanyak 177 peserta, terdiri dari kementrian Pertanian, BKKBN, 66 PKK Provinsi, Kab/Kota, 24 UKM Kab/Kota 13 perwakilan, unsur pemerintah, swasta dll. Pameran itu dikatakannya sebgai ajang promosi usaha rumah tangga serta usaha mikro lainnya, digelar selama 3 hari 12-14 Juni 2014.

Puncak Hari Keluarga Nasional nanti (14/6 red) akan melibatkan keluarga dan masyarakat di seluruh Indonesia sejumlah 15 ribu orang. Adapun kegiatan pokok dalam peringatan tersebut antara lain pendayagunaan mobil penerangan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, berbagai lomba dan temu kader PKK, bakti sosial, seminar, pameran dagang, kesenian serta kegiatan inovasi lainnya.

Dia juga menambahkan, puncak peringatan harganas biasanya dirayakan setiap tanggal 29 Juni, tetapi tahun ini dimajukan karena berbarengan dengan hiruk pikuk pemilihan presiden dan Bulan Suci Ramadhan.
Usai acara sambutan-sambutan dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda pembukaan stan Pameran dan Dagang oleh Hj. Vita Gumawan Fauji, SH.

Hadir pada acara tersebut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal, Gubernur Jawa Timur Soekarwo serta Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Vita Gamawan Fauzi, serta perwakilan PKK dan Granasda se Indonesia tak terkecuali PKK dan Granasda Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *