SEKDA TANJAB BARAT MUKLIS HADIRI HARGANAS DI SURABAYA

SURABAYA – Sekda Tanjab Barat Drs. H. Muklis, M.Si didampingi Kepala Kaban BKBPMP Tanjab Barat Muliyadi, M.Kes, Sabtu (14/6) kemarin menghadiri Acara Puncak Kegiatan HARGANAS XXI Tahun 2014 yang dipusatkan di Lapangan Makodan V Brawijaya Surabaya Provinsi Jawa Timur.

Acara dimulai sekitar pukul 10.00 Wib itu berlangsung meriah, ditandai dengan tarian yang diklaborasi dalam 33 provinsi sebagai persembahan penyambutan kedatangan Wakil Presiden Budiono bersama istri dan sejumlah menteri Indonesia Bersatu Jilid II.

Ny. Grace Haryadi saat memberikan laporan mengatakan Harganas tahun 2014 mengambil tema “Melalui Hari Keluarga, Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga dalam Mewujudkan Indonesia Sejahtera” Motto Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, Keluarga Masa Depan Indonesia. Dan pelaksanannya sengaja dimajukan karena akan menghadapi bulan Ramadan dan pilpres, seyigianya dilaksanakan tanggal 29 Juni nanti.

Sementara Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Sudibyo Alimoeso dalam sambutannya mengatakan, Harganas 2014 bertujuan untuk mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya menerapkan fungsi keluarga secara optimal.

Ada delapan fungsi keluarga yang harus dijalankan oleh setiap keluarga Indonesia. Dia menjelaskan, delapan fungsi keluarga di antaranya fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, dan pendidikan. Selain itu, fungsi ekonomi dan fungsi pelestarian lingkungan.

Dengan fungsi keluarga, tambah Sudibyo, maka diharapkan bisa menghindari terjadinya kejahatan-kejahatan seksual terhadap anak. “Ini tantangan kita bersama, pelaksanaan hari keluarga 2014 diwarnai dengan maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak,” ucapnya.

Selanjutnya, disela-selat acara itu Sekda Muklis mengatakan, “Harganas Hari ini diharapkan jadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan semangat masyarakat akan pentingnya membina keluarga berkualitas. Dengan begitu akan tercipta keluarga yang mandiri di Kabupaten Tanjung Jabung Barat “. Demikian kata Muklis menyikapi sambutan Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Pusat.

Dikatakan Muklis, kebijakan pembangunan keluarga dilaksanakan melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan. Untuk mendukung dapat dilaksanakannya fungsi-fungsi keluarga secara optimal. Keluarga merupakan tempat utama menumbuh kembangkan anggota yang ada di dalamnya. Sebab dalamnya ditanamkan nilai, fungsi keluarga serta karakternya.

“Maka dalam upaya pembangunan kependudukan perlu tanamkan fungsi keluarga, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam UU No.52/2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.” kata Muklis.
Dengan dasar itu maka pembangunan keluarga amat perlu dilakukan mulai sejak masa reproduksi, melahirkan serta pengasuhan anak. Bahkan, pembinaan remaja hingga lansia pun merupakan pembinaan secara menyeluruh dalam siklus kehidupan manusia, tambahnya.

Menurut dia, apabila penerpan fungsi keluarga dalam kehidupan rumah tangga dan bermasyarakat belum dilaksanakan secara optimal berdampak terjadinya pergeseran nilai budaya dan moral bangsa. Ini menjadi perhatian penting bagi Pemkab Tanjung Jabung Barat.

Selain dihadir wapres, Harganas 2014 dihadiri Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal, Gubernur Jawa Timur Soekarwo serta Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Vita Gamawan Fauzi, serta perwakilan PKK dan Granasda se-Indonesia tak terkecuali PKK dan Granasda Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *