Ketua TP PKK Buka Secara Resmi Bimbingan Teknis Percepatan Stunting Bagi Pengelola Tutor PAUD Tanjab Barat Tahun 2022.

KUALA TUNGKAL – Ketua TP-PKK sekaligus Bunda Paud Tanjab Barat, Hj. Fadilah Sadat, membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis percepatan, penurunan dan pencegahan stunting bagi pengelola dan tutor pendidikan anak usia dini (PAUD) Kabupaten Tanjab Barat tahun 2022 berlangsung di aula hotel rivoli kuala tungkal, 22/11/2022.

Hadir pada acara tersebut, Kadis Pendidikan dan kebudayaan, OPD terkait, Camat Senyerang, Camat Pengabuan, Ketua DWP Tanjab Barat dan pengelola dan tutor paud Sekabupaten Tanjab Barat.

Dalam sambutannya, Hj. Fadilah Sadat jelaskan bahwa stunting adalah gagal tumbuhnya pada anak balita dibawah 5 tahun akibat kekurangan gizi, tetapi kondisi stunting baru tampak setelah bayi berusia 2 tahun. Menurutnya, bimtek ini sangat penting untuk melakukan optimalisasi pencegahan stunting bagi generasi penerus melalui pengelola dan tutor paud yang hadir.

“Melalui bimbingan teknis ini diharapkan para pengelola dan tutor paud memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami layanan, pencegahan dan penanganan anak berpotensi stungting. Serta mensosialisasikan kepada orang terkait pentingnya memberikan makanan yang ber gizi kepada anak.” ucap bunda paud.

“Saya minta kepada pengelola dan guru paud dapat memperhatikan kesehatan dan memberikan makanan tambahan yang bergizi dan bernutrisi tinggi, serta terintegrasinya paud dengan posyandu juga bekerjasama dengan camat, lurah/ kades untuk melakukan pencegahan stunting.” tambahnya.

Lebih lanjut, Hj. Fadhilah Sadar juga sampaikan bahwa sebagai bentuk kerja nyata Pemkab Tanjab barat dalam optimalisasi pencegahan dan penurunan stunting, Pemkab telah menerbitkan peraturan bupati no 12 tahun 2020 tentang optimalisasi pencegahan dan penurunan stunting serta ditindaklanjuti dengan surat keputusan bupati no 427 tentang penetapan desa dan kelurahan lokasi fokus stunting.

“Persoalan stunting telah menjadi agenda pembangunan nasional khususnya kabupaten tanjab barat, mari bersama kita berkomitmen dalam percepatan penurunan stunting.” tegasnya.

Sumber : Prokopim Tjb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *