OPENING APKASI OTONOMI EXPO 2022 TRADE, TOURISM AND INVESTEMENT

Jakarta – Pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 Trade, Tourism dan Investement dibuka Presiden RI dalam hal ini diwakili Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian bertempat di Hall A dan B Senayan Jakarta Convetion Centre tanggal 20 sd 22 Juli 2022.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Pertanian, sejumlah Duta Besar dan perwakilan negara sahabat selain itu hadir beberapa Gubernur serta ratusan Bupati dari seluruh Indonesia.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan dukungan penuh kegiatan AOE 2022 yang digagas Apkasi ini. Sambungnya melalui Expo ini potensi – potensi daerah dihimpun dalam satu wadah dan selanjutnya dapat dilihat oleh calon-calon investor dalam maupun luar negeri kedaerah-daerah, kata Tito.

Dalam kesempatan itu Mendagri mengajak seluruh Pemerintah Kabupaten untuk mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) didaerahnya masing-masing, karena menurutnya sektor itu merupakan paling konsisten dan mendukung perekonomian, UMKM merupakan sektor riil yg sudah teruji ketahanannya terutama dalam masa pandemi, ujar mantan Kapolri ini .

Dalam Apkasi Otonomi Expo 2022 ini terdapat sekitar 246 stand yang dipamerkan ratusan stand itu terdiri dari 122 Pemkab, 4 Kementerian dan BUMN serta perusahaan Nasional dan UMKM.

Ketua Umum Apkasi 2022 ( Sutan Riska Tuanku Kerjaan) Bupati Damasraya , dalam laporan mengatakan Apkasi memiliki tanggung jawab moral untuk terus menjaga dan mendorong agar momentum pemulihan perekonomian nasional untuk terus membaik pasca pandemi Covid-19.

Diterangkannya Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 merupakan salah satu strategi dalam rangka upaya pemulihan ekonomi daerah yang diharapkan berdampak pada pemulihan ekonomi nasional.
AOE 2022 menjadi ajang bagi daerah untuk mempromosikan potensi unggulan setiap daerah diantaranya komoditi dan peluang investasi di masing-masing daerah.

Kabupaten Tanjung Jabung Barat ikut serta dalam AOE 2022 dengan Tema Nasional : “Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Lokal dan Global”

Dan Tema Stand Kabupaten Tanjung Jabung Barat : “Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Pengembangan Kelapa Dalam”

Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam AOE 2022 sesuai tema Pemkab memberikan informasi kepada investor tentang komoditi kelapa dalam yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat seperti luas lahan, ketersediaan bahan baku, tenaga kerja, produk turunan lainnya yang dapat dikembangkan dari kelapa dalam serta peluang investasi.

Stand Tanjab Barat nomor 170 Hall B.

Adapun produk yang ditawarkan adalah sesuai dengan tema adalah produk turunan dari kelapa dalam. Sabut, cocopeat, arang, tempurung, briket, minyak kelapa, vco, batok, kerajinan batok kelapa.

Untuk informasi komoditi pinang saat ini sudah dapat diolah menjadi bubuk pinang muda, permen dan pelepahnya menjadi piring dan telah berjalan produksinya di UMKM.

Produk – produk tersebut merupakan produk lokal yang ada di Tanjab Barat dan sangat berpeluang untuk terus dikembangkan dan merupakan peluang usaha untuk investor yg ingin berinvestasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat baik itu industri olahan dan lainnya untuk yang mau berinvestasi dapat melihat pada pada website DPMPTSP.

Produk – produk tambahan yang juga ditawarkan pada stand Pameran dari Tanjung Jabung Barat yang juga merupakan produk UMKM di Tanjab Barat seperti batik, kopi, jahe merah, kerajinan purun dan kerajinan mersam yang berasal dari produk lokal di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Untuk ekonomi kreatif yang merupakan produk dari Dekranasda Kabupaten Tanjung Jabung Barat produk yg ditampilkan antara lain kerajinan tangan seperti anyaman purun, anyaman mersam, dompet, tas dari batok kelapa dan lain- lain, ini merupakan dukungan dari Dekranasda pada Aplikasi Otonomi Expo 2022.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.