BUNDA PAUD TANJAB BARAT SERAHKAN BANTUAN LITERASI DARI KEMDIKBUDRISTEK.

TANJAB BARAT – Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat Hj. Fadhilah Sadat serahkan Bantuan Literasi Dari Kementrian Pendidikan, Riset dan Teknologi RI Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini yang dilaksanakan di 3 tempat lembaga paud yaitu terdiri dari TK Negeri 2 Pembina, Kelompok Bermain Nusantara serta TK Pertiwi, Senin (17/01).

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan Dinas Pendidikan yaitu Kepala Bidang Paud Dovitaria, SE mengatakan bahwa tujuan kementrian memberikan bantuan Literasi ini adalah agar adanya pojok baca dilembaga paud , dimana anak-anak diharap agar dapat mengenal dan mengeja buku bacaan untuk persiapan masuk SD.

Sementara itu, dalam arahannya Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat Hj. Fadhilah Sadat mengatakan bahwa maksud kunjungan ke TK N 2 Pembina ini adalah ingin memberi bantuan literasi dan menambah minat baca bagi anak usia dini.

“Pada kunjungan hari ini kami memberikan bantuan literasi berupa 1 buah lemari dan 40 buku baca yaitu terdiri dari buku dongeng, kisah nabi dan sebagainya yang dimana untuk menambah minat baca bagi anak-anak usia dini.” Ucapnya

“Anak- anak usia dini harus banyak membaca karena dari membaca itulah sumber pengetahuan diberikan apalagi di era zaman sekarang ini yang kecanggihan teknologi nya mudah didapatkan dan juga pengaruh lingkungan yang terkadang tidak baik dimana anak-anak sekarang lebih cenderung suka main HP dari pada membaca, hal ini akan berpengaruh pada kecerdasan anaknya ketika dewasa nanti.” Tambahnya

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Literasi secara simbolis oleh Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat kepada lembaga pengurus TK Negeri 2 pembina, TK Alhairat, TK Islam BKMT Annisa, dan TK Islam terpadu Al hikmah, Setelah dari TK Negeri 2 Pembina dilanjutkan dengan kunjungan ke Kelompok Bermain (KB) Nusantara Kuala Tungkal.

Hal senada disampaikan oleh Perwakilan Dinas Pendidikan Kepala Bagian Paud Dovitaria, S.E yaitu bahwa lembaga paud yang menerima bantuan ini nantinya bisa menerapkan pojok baca untuk anak-anak dikelompok bermain nusantara ini.

Selanjutnya, Bunda Paud Hj.Fadhilah Sadat mengatakan hal yang sama pada kegiatan ditempat sebelumnya bahwa dengan bantuan ini ia berharap KB Nusantara dapat terbantu dan dapat saling bekerjasama untuk mencerdaskan anak-anak paud di Kabupaten Tanjab Barat nantinya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Literasi secara simbolis oleh Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat kepada lembaga pengurus KB Nusantara, KB Anggrek, KB Kasih Ibu.
kegiatan Dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke TK Pertiwi,Dalam sambutannya Kepala TK Pertiwi Kuala Tungkal Fatimah, S.Pd mengatakan bahwa jumlah Murid di TK Pertiwi ini ada 49 orang yang dibagi menjadi 3 kelas. Akan tetapi menurutnya pada saat pandemi ini pihak sekolah tidak menjadwalkan waktu masuk anak-anak secara serentak tetapi secara bergantian dengan jadwal dan waktu yang sudah ditetapkan.

Sementara itu, Kabag Paud Dinas Pendidikan Dovitaria, SE mengatakan bahwa ada 12 lembaga yang mendapatkan bantuan Literasi dari Kementrian Pendidikan, Riset dan Teknologi RI Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini ini yang akan diserahkan oleh bunda paud.Menurutnya, dengan adanya bantuan ini akan mempermudah anak-anak dalam memahami huruf ketika masuk SD nantinya.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan saya berharap nantinya akan ada kurikulum dalam 1 minggu untuk anak-anak membaca buku.” Harapnya
dalam kesempatan tersebut dalam arahanya Bunda Paud Hj. Fadhilah Sadat mengingatkan kembali bahwa pada saat ini minat baca pada anak-anak sudah mulai menurun akibat dari pengaruh teknologi dan pengaruh lingkungan yang terkadang tidak baik, oleh karena itu dengan adanya bantuan literasi ini diharapkan anak-anak untuk dapat termotivasi dalam membaca buku sehingga minat baca pada anak usia dini akan terus meningkat.

Acara dilanjutkan dengan memberikan bantuan literasi berupa lemari dan buku oleh bunda paud kabupaten tanjung jabung barat kepada lembaga pengurus TK Pertiwi sekaligus melakukan peninjauan gedung sekolah TK Pertiwi.

Ditemui seusai acara, Hj. Fadhilah Sadat dalam wawancaranya mengatakan bahwa selaku pengurus paud pendidikan anak usia dini Kabupaten Tanjung Jabung Barat bersama Dinas Pendidikan telah mengunjungi ketiga pengelola lembaga paud yaitu TK Negeri 2 Pembina, Kelompok Bermain Nusantara, dan TK Pertiwi.

Menurutnya, tujuan untuk mendatangi ke tiga lembaga tersebut adalah untuk memberikan bantuan yang berasal dari Kementrian Pendidikan, Riset dan Teknologi RI Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini yang berupa literasi yang terdiri dari 1 buah lemari dan 40 buku bacaan.

“Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menambahkan nilai serta minat baca bagi anak-anak usia dini, agar kelak ketika dia mau masuk SD tentu akan mendapatkan bekal karena banyaknya membaca buku.” Ungkapnya

“Karena minat membaca buku sekarang ini sudah rendah jadi dengan bantuan seperti ini semoga anak-anak itu bisa menambah nilai-nilai bacanya yang dimulai dari mengeja kata demi kata, kalimat demi kalimat sehingga kelak ketia dia tumbuh dewasa nanti minat bacanya terus berkembang dan akan menjadikan anak itu menjadi cerdas, pintar dan kreatif.” Tambahnya

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kunjungan terakhir pada hari ini adalah TK Pertiwi yang dimana TK ini dibina langsung oleh dharma wanita persatuan Kabupaten Tanjab Barat.

“Saya berharap untuk kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi pengembangan paud kita, terutama paud dikabupaten tanjung jabung barat, karena program kami adalah ingin memberikan serta mengadakan pojok baca yaitu satu desa satu pojok baca, yang gunanya untuk mencerdasakan anak-anak kita dalam pengetahuan membacanya dari hari ke hari, tidak hanya dirumah akan tetapi juga disekolah,Semoga anak-anak kelak dewasa akan tumbuh menjadi anak-anak yang mempunyai intelektualitas dan kreatif.” Tutupnya

Turut hadir pada kunjungan tersebut Ketua Pokja Paud sekaligus Ketua Yayasan TK Pertiwi, Perwakilan Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Kabid Paud, Dewan Pengawas dan Penasihat TK, Kepala Sekolah TK Negeri 2 Pembina dan TK pertiwi, Kepala Yayasan KB Nusantara, Lembaga Utusan TK Alhairat, TK Islam BKMT Annisa, TK Islam terpadu Alhikmah, KB Anggrek, KB Kasih Ibu beserta murid-murid TK dan tamu undangan lainnya.

Sumber : Prokopim TJB

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *