ANTISIPASI LONJAKAN PENUMPANG, DISHUB TANJAB BARAT DAN FORUM LALULINTAS SIAPKAN BUS & POS PENGAMANAN

KUALA TUNGKAL – Jumlah punumpang diprediksi meningkat tujuh hari sebelum lebaran dan tiga hari pasca lebaran di Pelabuhan Kapal, Kuala Tungkal. Untuk itu, lima bus disiagakan antisipasi lonjakan penumpang.

Endang Surya, Kadis Perhubungan Tanjab Barat mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan dan melakukan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu 1440 H Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Pertemuan itu kata Endang Surya, membahas angkutan lebaran 1440 H/2019 dan pos pengamanan selama Ramadhan.

“Selama Ramadhan kita ada berapa pos pengamanan dan rest area, di Pelabuhan LLASDP Kuala Tungkal, Kecamatan Ma Papalik Km 88, juga Km 156 Kampung Baru,” terangnya.
Pos pengamanan tersebut terdiri daru beberapa personil yang terdiri dari kepolisian, TNI, kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP.
Sementara untuk rawan kecelakaan, Iptu Nurdin, KBO Satlantas Polres Tanjab Barat mengatakan, terdapat beberapa lokasi yang harus diantisipasi oleh pengendara.

“Titik rawan itu di jalan lintas timur Km 86 Kecamatan Muara Papalik, Km 110 Kecamatan Merlung, dan Km 119 Desa Tanjung Tayas,” terangnya.
Rawan kecelakaan ini dijelaskannya dikarenakan kondisi jalan yang terdapat tikungan tajam dan menanjak. Sehingga pengendara diimbau untuk senantiasa berhati hati.
Untuk antisipasi terjadinya lonjakan penumpang dari Kuala Tungkal menuju Jambi, pemerintah melalui dinas perhubungan telah mempersiapkan beberapa unit bus.

Untuk antisipasi lonjakan penumpang, kita sudah ada penambahn 5 bus, daru sekretariat 2, dan Dishub 3 bus,” terangnya.
Dijelaskannya peruntukan bus tersebut sifatnya urgensi dan apabila terjadi penumpang yang terlantar. Sementara untuk lonjakan penumpang diperkirakan tujuh hari sebelum lebaran dan hari untuk arus balik.
“Tingkat kepadatan penumpang itu signifikan terjadi pada arus balik, diprediksi h + 3,” terangnya.
Hal itu lantaran, pemudik mulai kembali ke rumah dan akan memasuki masa kerja.

Endang mengimbau kepada penyedia layanan jasa penyeberangan untuk menyediakan safety selama melaut seperti life jacket, pelampung, dan lainnya.
“Demi kemanan dan keselamatan, penumpang harus mengenakan life jacket selama didalam kapal,” imbau Endang Surya, Kadishub Tanjab Barat.
Antisipasi Lonjakan Penumpang, Dishub Tanjab Barat dan Forum Lalulintas Siapkan Bus & Pos Pengamanan.

Sumber : http://jambi.tribunnews.com/2019/05/24/antisipasi-lonjakan-penumpang-dishub-tanjab-barat-dan-forum-lalulintas-siapkan-bus-pos-pengamanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *