PEMKAB TANJAB BARAT APRESIASI TINDAKLANJUT PROGRAM PINTAR TANOTO FOUNDATION

Program PINTAR Tanoto Foumdation Mulai Menampakkan Hasil

Pememerintah kabupaten Tanjab Barat terus memberikan Apresiasi yang besar terhadap Program Pintar Tanoto foundation. Terlebih Kerjasama yang di lakukan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan Pihak Tanoto Foundation terutama di bidang pendidikan nampaknya sudah mulai menuai hasil.

Bupati Tanjung Jabung Barat H Safrial melalui Kabag Humas setda Tanjab Barat Firdaus SE menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya atas program Program Pintar Tanoto foundation. Berkat Pelatihan tentang geliat literasi dan budaya baca yang di gelar sudah mulai di implementasikan di beberapa sekolah, beberapa kemajuan kini mulai muncul di tingkat sekolah.

“Kita apresiasi sekali dengan program yang membangun, kedepan kita harap semua pihak dapat terlibat dalam mencerdaskan generasi muda di tanjab barat. ” Ujar Bupati yang disampaikan Kabag Humas

Sedangakn Syahril, Wali Kelas IV SDN 005/V Kuala Tungkal mengaku, setelah melaksanakan program literasi tersebut bagi anak-anak muridnya. Salah satu jebolan pelatihan geliat literasi Tanoto Foundation ini tak kuasa mengungkapkan kebahagiaannya ketika usulan program pojok literasinya disambut positif oleh paguyuban wali murid kelas IV.

”Alhamdulillah, para orang tua wali murid kelas IV mendukung penuh program pojok literasi ini,” tukas syahril yang juga ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Kuala Tungkal ini, Selasa, (12/2).

Syahril mengaku awalnya agak ragu untuk menyampaikan usulan pojok literasi ini kepada orang tua siswa lantaran takut usulannya tidak diterima. Namun setelah menyampaikan melalui musyawarah paguyuban orang tua siswa kelas IV, akhirnya mereka menyetujui usulan Syahril.

”Lega rasanya program baik ini bisa di terima” ungkap Syahril penuh syukur.

Kini setelah pojok literasinya sudah ada, para siswanya sudah bisa memanfaatkan untuk membaca buku baik pada waktu kegiatan membaca 15 menit di awal belajar dan bahkan di saat jam istirahat, anak-anak masih menunjukkan semangat yang tinggi untuk membaca.

Syahril mengaku terinspirasi membuat pojok literasi ini setelah mendapatkan pelatihan program PINTAR dari pihak Tanoto Foundation.

”Hal yang paling berkesan bagi saya adalah ketika materi unit budaya baca, itu sangat menginspirasi sekali,” ujarnya.

Ke depan syahril akan mengajak wali kelas lainnya untuk melakukan hal yang sama yaitu mengadakan pojok literasi. Bahkan pihaknya ingin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Tanjab Barat juga mendiseminasikan program PINTAR yang salah satunya adalah budaya baca ini ke selurub sekolah yang ada.

Training Specialist Tanoto Foundation Provinsi Jambi, Fitria Hima Mahligai mengaku keberadaan pojok baca di kelas ini bisa menjadi solusi alternatif dalam menjalankan program literasi.

”Praktik baik ini bermula dari hal kecil bisa menjadi besar, praktik baik berupa pojok baca di SDN 005/V Kuala Tungkal ini bisa membawa dampak positif bagi perkembangan literasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Pemkab bisa mencontoh keberadaan pojok baca ini agar disebarluaskan ke sekolah lainnya,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *