KELURAHAN SUNGAI NIBUNG RESMI DICANANGKAN SEBAGAI DESA/ KELURAHAN SADAR KERUKUNAN.

KUALA TUNGKAL – Kelurahan Sungai Nibung Kecamatan Tungkal Ilir, resmi dicanangkan sebagai Desa/ Kelurahan Sadar Kerukunan Provinsi Jambi Tahun 2018, oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Drs. H.Muhammad M.PDi Rabu(4/12/18) di halaman klenteng Leng San Ken.

Pada kegiatan pencanangan dan dialog lintas agama yang digagas Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) tersebut, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs.H.Amir Sakib, menghimbau masyarakat untuk terus meningkatkan jiwa toleransi antar umat beragama, supaya terus tercipta keamanan di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat

“Diharapkan kepada masyarakat kelurahan sungai nibung untuk dapat menjaga predikat yang telah diberikan pemerintah sebagai Desa Sadar Kerukunan,” imbuhnya Wabup.

Wabup berharap, kiranya pencanangan Desa Sadar Kerukunan ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi Kelurahan dan desa khusunya yang ada di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk menumbuhkan jiwa dan kesadaran dalam kerukunan antar umat beragama.

“Atas nama pemerintah daerah, saya berterima kasih kepada masyarakat Kelurahan Sungai Nibung yang terus mempertahankan kerukunan dan saling menghargai antar umat beragama,” pungkasnya.

Terpisah Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Drs. H.Muhammad M.PDi mengatakan
dinamika yang berkembang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya setiap muncul dinamika sosial politik selalu melibatkan agama yang dijadikan alat untuk kepentingan itu sendiri, imbasnya berpengaruh kepada memudarnya sikap toleransi dan kerukunan umat beragama. Menjawab hal tersebut perlunya adanya upaya yang dilakukan.

“kita harus melestarikan serta merawat kerukunan umat beragama bahkan dikembangkan hingga pelosok desa agar pesan kerukunan terjaga dengan baik”tutup kakanwil.

Sebagaimana diketahui, Kecamatan Tungkal Ilir khususnya Kelurahan Sungai Nibung merupakan barometer kerukunan antar umat beragama di Tanjung Jabung Barat.

Di Kelurahan Sungai Nibung terdapat tiga rumah ibadah yang lokasinya berdekatan. Gereja, Pondok pesantren Al- Baqiyatush shaliha dengan Wihara Budha Yana dan Klenteng Leng San Ken.

Intergrasi nilai-nilai toleransi antar umat beragama menyatu kedalam budaya sehari-hari yang merupakan kunci dari keberhasilan warga sungai nibung dalam merawat kebhinekaan. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *