BPBD DAN SATGAS TIMDU KARHUTLA TANJAB BARAT DIRIKAN POSKO LAPANGAN SIAGA KARHUTLA

BETARA – BPBD dan Satgas Tim Terpadu Karhutla Kabupaten Tanjung Jabung Barat mendirikan Posko Lapangan Siaga Bencana Karhutla di Desa Muntialo Kecamatan Betara, Kamis (26/07/18).

Pendirian posko ini diawali dengan apel kesiagaan dipimpin Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Arie Yudistira, S.IP, M.I.Pol selaku Ketua Satgas Karhutla Kabupaten Tanjab Barat yang diwakili Kasdim Mayor Inf Firdaus.

Kalaksa BPBD Tanjab Barat, Drs. H. Kosasih menerangkan, Pendirian posko ini guna mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), kabut asap dan kekeringan di Kabupaten Tanjab Barat.

“Kegiatan siaga posko ini direncanakan akan dioperasionalkan hingga tiga bulan ke depan,” terang Kalaksa BPBD Tanjab Barat, Drs. H. Kosasih, Minggu (29/07/18).

Kosasih menjelaskan, pendirian Posko ini mengingat sekarang sedang memasuki perpindahan musim, dari penghujan ke kemarau.

Posko ini, kata Kosasih, merupakan Posko terpadu sinergisitas seluruh unsur dalam penanganan Karhutla, kabut asap dan kekeringan. Dalam pelaksanaannya terdiri dari unsur FKPD, TNI, Polri, BPBD serta lainnya.

“Dari posko ini nantinya, kita juga akan mendeteksi informasi-informasi kejadian terkait dengan hot spot, dan upaya-upaya penanganan serta pencegahan supaya kebakaran tidak meluas. Artinya kami akan terus memantau bersama dinas terkait.” katanya.

Sehingga, kata dia, diharapkan posko lapangan siaga darurat Karhutla akan sangat merespons apabila ada informasi kebakaran yang bisa terjadi sewaktu-waktu, dan anggota TRC akan langsung bergerak menindaklanjutinya.

“Kami juga minta seluruh perusahaan perkebunan untuk juga siaga,” katanya menambahkan.

FOTO : Pendirian Posko Lapangan Siaga Karhutla BPBD dan Satgas Tim Terpadu Karhutla Tanjab Barat di Desa Muntialo Kecamatan Betara, Kamis (26/07/18)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *