BUPATI INGATKAN OPD PENYUSUNAN APBD 2019 HARUS DENGAN SKALA PRIORITAS

KUALA TUNGKAL – Pemkab Tanjung Jabung Barat melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) mengadakan Sosialisasi Permendagri No. 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 di Balai Pertemuan Kantor Bupati yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS, rabu (25/7).

Dalam sambutannya Bupati menegaskan seluruh OPD khususnya Tim Anggaran Pemkab Tanjab Barat dalam penyusunan anggaran harus berpedoman kepada Permendagri No. 38 Tahun 2018 dengan memperhatikan jadwal dan tahapan penyusunan APBD.

“Dalam penyusunan APBD 2019 perhatikan jadwal dan tahapan proses penyusunan hingga penetapan APBD. Kemudian ubah mindset ‘money follow function’ menjadi ‘money follow programe’ yaitu program yang hanya bermanfaat dan berdampak langsung bagi masyarakat,” pesan Bupati.

“Kepada tim anggaran saya ingatkan program-program yang tidak sesuai dengan visi misi Bupati langsung coret. Pembangunan di Tanjab Barat harus dengan skala prioritas yang benar-benar bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” tegas Safrial.

Bupati juga berpesan agar dalam penyusunan APBD Tanjab Barat Tahun 2019 berpedoman kepada PP No. 58 Tahun 2005 tentang Pokok-Pokok Pengelolaaan Keuangan Daerah dan memiliki sinkronisasi dengan pembangunan Provinsi Jambi dan Nasional.

Sebelumnya Kepala BPKAD Tanjab Barat Drs. Rajiun Sitohang, ME dalam laporannya menyampaikan Sosialisasi Permendagri No. 38 tahun 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam penyusunan APBD serta menyamakan persepsi dalam penyusunan APBD tahun 2019. Dengan adanya Permendagri ini diharapkan bisa menghindari kesalahan dalam penyusunan APBD.

Rajiun juga berharap OPD berpedoman dengan hasil musrenbang. “Saya harap nantinya dalam penyusunan APBD Tahun 2019 setiap OPD berkomitmen pada hasil musrenbang dan sesuai dengan KUA PPAS yang telah ditetapkan,” ujar Rajiun.

Sosialisasi Permendagri No. 38 Tahun 2018 menghadirkan narasumber Kabid Anggaran BPKAD Provinsi Jambi dan dihadiri oleh Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib serta Kepala OPD atau yang mewakili lingkung Pemkab Tanjab Barat.(hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *