LAGU INDONESIA POROS MARITIM DUNIA, BANGKITKAN JIWA KEMARITIMAN

KUALA TUNGKAL – Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektifitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta fokus pada keamanan maritim.

Lagu Indonesia Poros maritim dunia adalah salah satu dari sederet lagu kemaritiman yang sangat dalam maknanya, dan dinyanyikan oleh kelompok paduan suara menjadikan lagu ini begitu tersirat dengan arti yang mendalam. Diilhami dari ide dan pemikiran serta gagasan presiden jokowi tentang menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia.

Menurut Kabid Seni dan Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjung jabung barat Herman S.Sn “Lagu Indonesia poros maritim dunia ini terinspirasi dari Gagasan Presiden Jokowi yang mempunyai cita- cita menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia dan juga bertepatan dengan acara muhibah maritim yang diadakan komunitas sosial alumni menwa (KSKM) yang memiliki cita-cita yang sama mengembalikan kejayaan indonesia di Laut, ,” ungkap Herman yang juga pencipta Lagu Indonesia Poros Maritim Dunia.

Dalam lirik lagu Indonesia Poros Maritim dunia ini dicurahkan dalam mendukung indonesia sebagai poros maritim dunia yang menjadikan lagu ini begitu dalam akan makna.

Sedangkan Ketua Komunitas Sosial Alumni Menwa Hidayat SH.MH mengungkapkan, bahwa lagu Indonesia Poros maritim dunia ini momentnya tepat untuk mengingatkan kembali jiwa kemaritiman kita yang sudah semakin pudar.

“Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai yang berada di pantai timur Jambi dan menjadi bagian pantai timur sumatera mempunyai potensi untuk menjadi salah satu poros maritim dunia, secara geostrategis pantai timur sumatera dilewati oleh tiga jalur penting yaitu jalur sutra maritim tiongkok, alur kelautan nusantara indonesia I, dan sea lone of comunication (SLOC)

oleh karena itu melalui musik sebagai media yang universal, segala golongan dapat terwakili melalui musik dan lagu ini untuk mengkampanyekan indonesia poros maritim dunia”

Bupati Tanjung Jabung Barat Dr.Ir.H.Safrial Ms turut mengungkapkan, lagu ini menjadi alat untuk mengembalikan jiwa kemaritiman kita dan menjadi bangsa bahari.

“Saya rasa lagu ini sebagai kunci bahwa bangsa yang kuat dan sejahtera harus menjadi bangsa bahari, dan ditambah lagi lagu tersebut begitu special diciptakan dan dinyanyikan langsung oleh putra/ putri terbaik tanjung jabung barat” tegas safrial.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *