WABUP DRS. AMIR SAKIB HADIRI RAKOR PENGENDALIAN KARHUTLA PROVINSI JAMBI TAHUN 2018

JAMBI – Kemeterian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Jambi mengadakan Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2018 pagi tadi. Rapat ini digelar dengan harapan bencana karthula di Provinsi Jambi making berkurang, mengingat sebentar lagi akan memasuki musim kemarau.

Gubernur Provinsi Jambi yang diwakili oleh Asisten III Ir. H. Tagor Muli Nasution membuka acara Rakor Karhutla Tahun 2018. Dalam sambutannya beliau mengajak kepada semua jajaran yang terkait untuk saling bekerjasama dan kordinasi dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“ Provinsi Jambi terletak di tengah pulai Sumatera yang berada di wilayah jajaran pergunungan, bukit barisan dan merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang rawan terhadap bencana. Jadi kami mengajak kepada semua jajaran dan instansi terkait untuk bisa saling bekerjasama dan koordinasi dalam mencegah dan mengatasi terjadinya kebakaran hutan dman lahan di Provinsi Jambi.”

Agenda Rapat Koordinasi Pengedalian Karhutla Tahun 2018 di Provinsi Jambi ini dipimpin langsung oleh Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Konflik dan Keamanan Transportasi Kemenko Polhukam RI Bapak Drs. Bambang Sugeng,SH.MH.. Dalam rapat koordinasi kali ini bukan hanya membahas soal pengendalian karhutla semata, malainkan dibahas juga soal fungsi dan peran Dinas dan Jajaran terkait serta diskusi tentang kendala maupun hal – hal yang di anggap penting dalam penanganan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Berdasarkan Intruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Peningkatan Pengedalian Hutan dan Lahan yang dipaparkan oleh Drs. Bambang Sugeng bahwa menko Polhukam mempunyai tugas pokok dan peran dalam pengendalian karhutla yang akan dikoordinasikan dan mengambil langkah – langkah yang diperlukan serta melaporkan kepada presiden.

“ kami terus berupaya untuk melakukan peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Republik Indonesia dan melakukan kerjasama dan saling berkoordinasi untuk melaksanakan pengendalian kebakaran hutan dan lahan” ujarnya.

Ditambahkannya kepada seluruh instansi terkait khususnya kepala Daerah untuk bisa memperbaiki susunan satgas karhutla, melaksanakan sosialisasi pembentuka posko karhutla, melaksanakan koordinasi dengan seluruh instansi terkait dan melaksanakan apel siaga serta terus melakukan koordinasi guna membahas hal – hal yang berkaitan dengan penanggulangan bencana.

Terpisah wakil bupati tanjung jabung barar Drs.H.Amir Sakib menyampaikan permasalahan Kahutla tidak bisa secara parsial, dibutuhkan kerjasama terpadu dan terintegrasi dalam upaya pencegahan” tegas wabup

Rakor ini di hadiri oleh Bupati/ wakil bupati se provinsi jambi, Kepala BPBD Se- Provinsi Jambi, Kapolres Se-Provinsi Jambi, Dandim Se-Provinsi Jambi serta instasi terkait.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *