BUPATI SAMBUT KRI TELUK SIBOLGA DAN PESERTA MUHIBAH MARITIM

Safrial: “Daerah Kita Punya Potensi Terutama Dalam Mewujudkan Cita-cita Indonesia Poros Maritim Dunia”

KUALA TUNGKAL – Setelah melayari lautan sejak kamis (29/3) dari Pelabuhan Boom Baru Palembang selama lebih kurang 22 jam, KRI (Kapal Republik Indonesia) Teluk Sibolga dengan nomor lambung 536 akhirnya tiba di Pelabuhan RoRo Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi, jum’at (30/3). Kapal perang jenis kapal pendarat yang berada dibawah Kesatuan Komando Armada barat (KOARMABAR) dengan Kapten Kapal Mayor Laut (P) Amin Widodo,ST ini membawa rombongan peserta kegiatan Muhibah Maritim yang di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat bekerjasama dengan Komunitas Sosial Karya Alumni Menwa (KSKAM) Indonesia dan Pangkalan Angkatan Laut Palembang. Kedatangan KRI Teluk Sibolga beserta rombongan disambut hangat oleh Bupati Safrial yang langsung memasuki kapal dan menyapa seluruh peserta. Safrial dalam wawancaranya dengan awak media mengatakan kegiatan muhibah maritim ini selain sebagai ajang silaturrahmi para alumni resimen mahasiswa (MENWA) Indonesia juga bertujuan untuk menginformasikan potensi tanjung jabung barat sebagai gerbang masuk provinsi jambi dari arah laut.
“Kita berharap dengan muhibah maritim ini, seluruh masyarakat jadi tahu kalau daerah kita ini punya potensi yang sangat besar terutama dalam mewujudkan cita-cita bangsa, menjadikan Indonesia poros maritm dunia”, ujarnya bersemangat.

Ditambahkan bupati, secara ekologis kawasan pantai timur jambi ini juga sangat potensial dengan adanya hutan mangrove yang menjadi kawasan konservasi sekaligus juga daya tarik wisata yang memiliki prospek yang sangat bernilai. Menurutnya Konservasi hutan mangrove sendiri punya fungsi ekologis vital mencakup perlindungan erosi pesisir dan karenanya harus dijaga dan di kelola dengan baik dan benar.
“Dari inilah pemkab tanjab barat terpanggil untuk menggelar perhelatan muhibah maritim ini”, pungkasnya.

Dari informasi yang di himpun, kegiatan muhibah maritim yang dilaksanakan Alumni Menwa Indonesia ini melibatkan 180 peserta yang berasal dari 15 provinsi yang ada di Indonesia. Selain pelayaran survey alur laut Palembang-Kuala Tungkal, Muhibah Maritim juga di isi dengan kegiatan sosial seperti sunatan dan pengobatan massal secara gratis, penanaman 2000 bibit mangrove di daerah pangkal babu dan seminar sehari Indonesia Poros Maritim Dunia yang mengangkat tema Peningkatan Daya Saing Pantai Timur Sumatera Sebagai Poros Maritim Indonesia Dan Dunia.

Turut mendampingi bupati menyambut KRI Teluk Sibolga beserta rombongan, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Amir Sakib, Ketua DPRD Tanjab Barat Faisal Riza, Wakapolres Tanjab Barat Hendri Batubara, Kasdim 0419 Tanjab Mayor Inf. Firdaus Baharuddin serta Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Selepas upacara penyambutan dengan tarian sekapur sirih, rombongan peserta muhibah maritim langsung menuju kamp perisitirahatan yang bertempat di Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga dengan menggunakan fasilitas bus yang telah disediakan oleh panitia. (hms)

*foto: Bupati Dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Beserta Jajaran Forkompimda Berpose Di Depan Geladak Kapal KRI 536 Teluk Sibolga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *