PELAYARAN SURVEY ALUR LAUT PALEMBANG-KUALATUNGKAL GUNAKAN KRI TSG 536

KUALA TUNGKAL – Pelayaran Survey Alur laut Palembang – Kualatungkal yang akan diadakan pada akhir Maret 2018 mendatang oleh Lanal Palembang yang bekerjasama dengan Alumni Menwa Kabupaten Tanjab Barat, akan menggunakan kapal KRI TNI AL ARMABAR dengan nomor lambung 536.

Kapal dengan panjang sekitar 100 meter tersebut akan mendukung pelayaran Muhibah Maritim Alumni Resimen Mahasiswa dari pelabuhan Boom Palembang, Sumatera Selatan – Kuala Tungkal, Jambi.

Hal ini diungkapkan Ketua Komunitas sosial Alumni Menwa Indonesia, Tanjab Barat, Hidayat SH MH, saat melaksanakan rapat persiapan kegiatan di ruang pola utama kantor Bupati Tanjab Barat, Senin (5/3) malam.

“KRI TNI AL Armabar ini digunakan karena yang mendukung pelayaran muhabah maritim Palembang – Kuala Tungkal dengan kapasitas penumpang lebih banyak,” Ungkap Hidayat.

Meski demikian, untuk kedatangan kapal yang berukuran besar tersebut, menurut pejabat Asisten 1 Pemkab Tanjab Barat itu, masih terkendala lokasi bersandarnya kapal KRI di Kualatungkal, karena pelabuhan Marina Kualatungkal dengan panjang 60 meter belum memenuhi syarat.

“Untuk itu, perlu ditambah tambat kapal, karena waktu yang cukup singkat, kita juga sudah koordinasi dengan komandan Kapten Laut Dishub, kalau bisa ditambah dengan tambat sederhana seperti beberapa batang kelapa,” jelas Hidayat.

Selain itu, pada tanggal 30 maret nanti juga digelar seminar sehari Indonesia Poros Maritim Dunia yang digelar di gedung Serbaguna Pemkab Tanjab Barat yang dihadirkan dari kemenko kemaritiman, TNI AL dan lainnya sebagai narasumber.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman 1000 pohon mangrove di Desa Pangkal Babu Tanjab Barat, yang persiapannya melibatkan DLH Kabupaten Tanjab Barat.

Untuk persiapan Penanaman 1000 pohon, Kepala DLH Tanjabbar, Suparjo mengatakan telah menyiapkan sekitar 2000 bibit Mangrove.

“Selain itu, karena akses kelokasi jalan setapak hanya bisa dilalui oleh sepeda motor, kita juga menyiapkan sekitar 300 Sepeda motor untuk transportasi tamu dan lahan parkirnya,” jelas Suparjo.

Rapat yang dipimpin Asisten 1 Setda Tanjabbar, Hidayat SH MH, dihadiri Ketua IARMI Tanjab Barat, Jamal Darmawan Sie, beserta anggota IARMI, Kepala BKSDM Encep Jarkasi, dan para kepala OPD terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *