SIDAK DILINGKUP PEMKAB TANJAB BARAT

Kuala Tungkal – Geram melihat lemahnya disiplin sebagian besar aparatur sipil negara (ASN) maupun tenaga kerja kontrak (TKK), Bupati Safrial meminta sekretaris daerah agar para ASN dan TKK yang tidak disiplin segera di tindak tegas. Hal itu ditegaskannya saat melakukan inspeksi mendadak (SIDAK) di lingkungan kantor bupati tanjung jabung barat, selasa (6/1).

“Saya minta pak sekda agar para ASN yang tidak hadir hari ini di beri peringatan tertulis. Kalau sampai tiga kali sejak hari ini tidak juga ada perubahan, segera tindak tegas”, kata bupati.

Dalam sidak oleh bupati tersebut, tampak Sekretaris Daerah Haji Ambok Tuo turun langsung mengecek absensi disetiap bagian yang ada dilingkup setda tanjung jabung barat satu persatu.

Sekda mengatakan, sidak ini kembali dilakukan untuk melihat tingkat kehadiran pegawai, baik itu ASN maupun TKK serta tenaga honor lainnya. Hal ini bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin kepada para pegawai dalam kehidupan ataupun pekerjaannya sehari-hari.

“Peningkatan disiplin itu wajib karena pemerintah tengah dan terus berupaya meningkatkan segala bentuk pelayanan kepada masyarakat”, kata sekda.

Ditambahkan sekda, tujuan sidak ini untuk menumbuhkan kesadaran pegawai dalam mematuhi aturan kedisiplinan sehingga diharapkan kedepannya agar lebih baik lagi. Terlebih menurutnya, pemkab sudah mengalokasikan dana Tunjangan Kerja daerah (TKD) cukup besar.

“Silahkan cek daerah lain, tunjangan TKD kita nominalnya sudah cukup besar. Jadi imbangilah penghasilan tambahan tersebut dengan peningkatan disiplin dan kinerja”, imbuhnya lagi.

Terkait hasil sidak tersebut, sekda mengaku sangat kecewa dengan masih lemahnya tingkat disiplin para ASN dan TKK terutama di lingkup wilayah kerjanya yakni sekretariat daerah.

“Saya cek langsung absensi dan melihat hasilnya masih sangat jauh dari yang kita harapkan. Mestinya kita memberi contoh yang baiklah bagi ASN di dinas lain, apalagi di setda ini kan sistem absensinya sudah pakai sistem sidik jari”, tandasnya.

Ketika ditanya apa tindakan yang akan diambil atas aksi indisipliner para ASN dan TKK tersebut, ambok tuo menegaskan akan segera memberi peringatan tertulis sebagaimana arahan bupati.

“ASN yang tidak hadir akan kita beri peringatan tegas secara tertulis, bila tiga kali tidak juga berubah, segera kita beri sanksi tegas sesuai aturan kepegawaian. untuk TKK sendiri, kita akan minta para kabagnya segera panggil mereka, tegur secara keras dan bila perlu seperti kata pak bupati tadi, pecat saja”, tegasnya.

(Hms)

*foto: Sekda turun langsung mengecek absensi saat sidak mendampingi bupati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *