PEMKAB TANJAB BARAT SIAP SALURKAN BANSOS RASTRA

KUALA TUNGKAL – Guna mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Pemerintah Kabupaten tanjung jabung barat melakukan rapat koordinasi dan sosialisasi penyaluran bansos rastra. Senin (05/1) di pola utama kantor bupati tanjung jabung barat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs.Syarifudin MM , mengatakan pemkab tanjung jabung barat siap memberikan bantuan sosial (bansos) beras sejatera (rastra) sejumlah 10 kg setiap bulanya tanpa dikeenakan biaya tebus, bantuan sosial rasta merupakan program transformasi dari program sebelumnya yang bernama subsidi rastra atau yang dahulu lebih dikenal dengan nama subsidi beras miskin (raskin).

“Bansos rastra diperuntukkan bagi 16.933 KPM di seluruh Kecamatan di tanjung jabung barat dengan jumlah beras persatu KTM untuk satu bulan adalah sebanyak 10 kg dengan beras berkualitas medium dari perum Bulog sesuai ketentuan yang berlaku. Artinya dalam satu tahun, satu KPM Bansos Rasta mendapatkan jatah beras sebanyak 120 kg,” ujarnya,

Menurutnya, total penyaluran bansos rastra setiap bulan sampai dengan titik distribusi adalah sebanyak 16.933 kg yang berarti dalam satu tahun penyaluran bansos rastra di Kabupaten Tanjung jabung barat sebanyak 141.108 kg
Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs.H.Ambok Tuo menjelaskan bansos rastra bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan akses masyarakat miskin dan rentan untuk pemenuhan kebutuhan pangan pokok yang menjadi hak dasarnya. Maka dari itu, penerima bantuan sosial beras sejahtera harus tepat sasaran.

Untuk penyaluran bansos rastra ini selama 12 bulan (red.januari- desember) , tapi untuk bantuan januari akan dibayarkan di februari “ ujar sekda

“Seluruh stakeholder harus koordinasi secara baik dalam melaksanakan program bansos rastra, dimulai dari OPD, Kecamatan, Kelurahan, desa sampai pada tingkat RT. Hal ini dikarenakan adanya relevansi antara program bansos rastra terhadap kesejahteraan masyarakat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tanjung jabung Barat” ungkapnya.

Rapat kordinasi dan sosialisasi penyaluran bansos rastra Sekda Tanjung jabung Barat, kepala bulog sub devire tanjabarat Tomi Wijaya, para camat se tanjabarat, Para TPSK se tanjabarat dan Opd terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *