BUPATI MINTA ISEI PUSAT IKUT DORONG BANTUAN SAPI

TEBING TINGGI – Bupati Tanjung Jabung Barat, Haji Safrial, meminta Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Pusat untuk ikut menyuarakan perihal proposal bantuan 40.000 ekor sapi terintegrasi ke kementrian terkait. Hal itu disampaikannya sewaktu mendampingi rombongan ISEI dari jakarta dan provinsi jambi dalam kunjungan ke Desa Dataran Kempas Kecamatan Tebing Tinggi Minggu (10/12).

Bupati Safrial mengatakan bahwa saat ini ketersediaan pupuk kompos yang berasal dari kotoran sapi yang dikelola oleh kelompok masyarakat melalui koperasi dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) hanya 1200 ton. Jumlah ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang arealnya secara keseluruhan seluas 160.000 hektar.

“Kita minta hal ini agar menjadi perhatian pemerintah pusat. Kirim saja bakalan sapi untuk penggemukan, nanti kita lepas di areal perkebunan sawit. Di situ nanti selain dagingnya, kita bisa manfaatkan kotorannya untuk diolah menjadi pupuk kompos. Jadi saya minta kawan-kawan dari ISEI pusat ini ikut melobi ke kementrian agar program ini bisa terlaksana”, ungkapnya.

Kedatangan rombongan ISEI tersebut dalam rangka melihat secara langsung program desa makmur peduli api (DMPA) di desa dataran kempas tebing tinggi. Rombongan ini di dampingi juga oleh pihak humas PT. Wira Karya Sakit (WKS), pihak PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry (LPPPI) dan perwakilan dari bank sinarmas jakarta.

Sementara itu, Hermawan, Humas PT LPPPI mengatakan bahwa saat ini masyarakat hanya bisa memproduksi pupuk kompos sebanyak 1200 ton saja. Hal ini tentu masih jauh berkurang dari kebutuhan yang ada.

“1200 ton itu cuma bisa memenuhi distrik 1 WKS saja. Sementara seperti yang dikatakan oleh pak bupati tadi, luas areal kita keseluruhan 160 ribu hektar”, ujarnya.

(Kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *