KA. KWARDA JAMBI SERAHKAN KONTINGEN ESTAPET TUNAS KELAPA KE KWARCAB TANJUNGJABUNG BARAT

Batang Asam – Ka.Kwarda Jambi Drs. AM Firdaus, MSi sambut kedatangan kontingen Estapet Tunas Kelapa dari Kwarda Riau diDesa Suban Kecamatan Batang Asam yang kemudian langsung dilanjutkan Pelepasan oleh Ka.Kwarcab Tanjung Jabung Barat Drs. H. Hendrifal menuju Kabupaten Muaro Jambi,  14 Oktober 2011.

Acara baru bisa dimulai sekitar pukul 14.00 dimana rombongan dari provinsi jambi harus menunggu terlebih dahulu kedatangan rombongan kontingen dari Kwarda Riau. turut hadir dalam penyambutan Ka.Kwarda Jambi beserta rombongan, Ka.Kwarda Tanjung Jabung Barat beserta rombongan, Ka.Kwarda Muaro Jambi beserta Rombongan, Kamabicab Tanjung Jabung Barat, rombongan regu Pramuka serta masyarakat sekitar yang turut hadir menyaksikan jalannya upacara penyerahan Pataka.

Estafet Tunas Kelapa (ETK) adalah sebuah pasukan yang terdiri dari Pembina Pramuka, Pramuka Penegak dan Pandega serta Pramuka Penggalang berjumlah 17 orang. Pasukan ETK membawa panji Tunas Kelapa, Bendera Merah Putih, Bendera Pramuka dan 10 buah tunas kelapa dan 1 tas ransel yang berisi perlengkapan Pramuka. Perlengkapan inilah yang terus dibawa dan dijaga oleh pasukan pembawa dan dilanjutkan oleh pasukan penerus dari 1 Kabupaten ke Kabupaten lainnya melewati seluruh provinsi se-Indonesia.

Ka. Kwarda Jambi mengatakan, sangat menyambut hangat dan senang sekali pada acara iven seperti ini, selain dapat memberikan dampak fositif yang baik, kegiatan ini juga bermakna bagi gerakan pramuka. Tidak hanya olahraga saja yang mempunyai kegiatan estafet tapi pramukapun juga punya acara.

Diwaktu yang sama Ketua Kwarda Jambi Drs. AM Firadaus, MSi  mengatakan bahwa Estapet Tunas Kelapa ini sangat bermanfaat dan berguna bagi generasi muda khususnya anggota Pramuka. Estapet Tunas Kelapa juga dimaksudkan sebagai wadah pemersatu generasi muda bangsa dan memiliki nilai-nilai semangat juang dan patritiotisme. Disamping itu Estapet Tunas Kelapa juga merangkai persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Drs. AM Firdaus, MSi juga menambahkan kegiatan Estapet Tunas Kelapa ini juga bermanfaat bagi sosialisasi Gerakan Pramuka kepada masyarakat dan membuktikan eksistensi Gerakan Pramuka dalam membina generasi muda.

Setelah usai acara serah terima Estapet Tunas Kelapa dari Kwarda Riau Kepada Kwarda Jambi, acarapun dilanjutkan oleh Ka. Kwarda Jambi menuju Kabupaten/Kota penyerahan Estapet Tunas Kelapa Kwarcab Tanjung Jabung Barat dengan Kwarcab Muaro Jambi yang saksikan langsung oleh Ka. Kwarda Jambi yang juga sebagai Pembina Upacara penyerahan Estapet Tunas Kelapa yang berlangsung dilapangan Kantor Bupati Muaro Jambi.(DG)

Bagian Humas Setda Tanjab Barat

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *