diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

WABUP HARAN IKUTI ACARA PUNCAK FESTIVAL CANDI MUARA JAMBI

Wakil Bupati Kabupaten Tanjungjabung Barat, Hairan S.H, ikuti pergelaran acara Puncak Festival Candi Muarajambi (FCM) XVI Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2021. Sabtu, (25/09/2021).

Acara tersebut dilaksanakan di Komplek Percandian Muarajambi dengan turut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI diwakili Direktorat Penyelenggaraan Even Joko Suharbowo, Anggota DPR RI, H. A. Bakrie, Gubernur Jambi Al Haris
Para Walikota/Bupati se-provinsi Jambi atau mewakili.

Ketua Panitia pelaksana menyampaikan Festival Candi Muarojambi telah masuk kalender even kementerian Parekraf, sehingga menjadi kesempatan mempromosikan candi Muarojambi secara nasional.

Melalui kegiatan ini diharapkan Candi Muaro Jambi mendapat perhatian lebih dari kemenparekraf, kemendikbudristek dan terutama Gubernur Jambi. Festival Candi Muarojambi ke-16 ini mengangkat tema Bangkit, berinovatif, bekolaborasi, dan berkearifan lokal.

Sementara itu, Bupati Muarojambi, Masna Busro mengatakan bahwa FCM merupakan kegiatan tahunan dengan berbagai kegiatan dan perlombaan.

“Untuk itu kami mohon dukungan dari kementerian parekraf, bapak H. Bakrie Komisi V dan juga Gubernur Jambi agar kegiatan ini semakin meriah kedepannya. Mohon support agar kawasan candi muaro jambi yang penuh sejarah ini semakin baik infrastrukturnya,”katanya.

“Terimakasih atas kehadiran Bapak ibu semua Bupati Walikota, komunitas-komunitas anak-anak Muarojambi yang telah mensukseskan kegiatan ini. Semoga Covid-19 segera berlalu dan tahun depan kita buat semeriah mungkin tiga hari tiga malam,”timpalnya.

Gubernur Jambi, Al Haris menginginkan FCM ini diadakan setiap tahun, dan ini sudah kegiatan ke 16. Tentunya lanjut Gubernur, hal ini akan terus dievaluasi agar kedepan harus jadi festival tingkat nasional tidak hanya tingkat provinsi.

“Kita akan merevitalisasi komplek candi muaro jambi ini. kalau ini kita kemas dengan baik akan jadi candi yang mendunia. Belum lagi temuan kanal-kanal yang ada disini. Pas kunjungan mendikbud kemarin sudah ada dukungan, mudah2an segera terealisasi,”harap Al Haris

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno secara virtual menyampaikan bahwa Menparekraf sudah menyusun panduan protokol kesehatan untuk kembali menghidupkan perekonomian bidang parekraf.

Candi Muaro Jambi adalah salah satu wisata sejarah Hindu Budha kebanggaan Indonesia, untuk itu apresiasi yang setinggi-tingginya kami berikan kepada bupati Muarojambi yang sudah menyelenggarakan festival ini dan juga sudah masuk Kalender Even Nasional di Kemenparekraf.

“Saya Berharap lewat Festival Candi Muarojambi ini bisa memberi dampak positif seperti meningkatnya perekonomian masyarakat dan membuka lapangan kerja baru di bidang parwisata dan ekonomi kreatif,”ujarnya.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com