diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

SEKDA TANJAB BARAT HADIRI PELATIHAN POTENSI SAR BASARNAS JAMBI

Tanjabbar – Mewakili Bupati Tanjab Barat Sekretaris Daerah, Ir. H. Agus Sanusi M. Si hadiri pembukaan “Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan di Permukaan Air Angkatan XIII” yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Jambi di Balai Pertemuan Kantor Bupati. Selasa (15/2/2022).

Kepala Basarnas Jambi Abdul Malik mengatakan pelatihan ini digelar untuk memerkuat kawasan perairan. Disampaikannya, kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 50 peserta dari berbagai instansi yang berasal dari Kabupaten Tanjab Barat dan Tanjab Timur.

”Pelatihan ini untuk menyiapkan tenaga yang tersertifkasi dan terlatih dalam melakukan penyelamatan,” katanya.

Menurutnya, tidak semua peserta pelatihan bisa dinyatakan lulus dan memperoleh sertifikat. Sedangkan yang dinyatakan lulus, nantinya bisa di perbantukan dalam penanganan penyelamatan di perairan.

“Mereka nanti bisa kita berdayakan dalam melakukan penyelamatan di air,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasubdit Pengeloaan Tenaga atau Analisi Kepegawaian Madya Basarnas Pusat, Kundori mengatakan bahwa pelatihan ini dikhususkan untuk di permukaan air, mengingat kondisi geografis Kabupaten Tanjab Barat dan Tanjab Timur yang sebagian besar merupakan kawasan perairan.

“Kita juga melakukan pemetaan potensi SDM untuk melakukanPenyelamatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kundori juga berharap peserta yang lulus nantinya bisa diperbatukan sehingga dapat berkontribusi dalam kegiatan penanganan dan penyelamatan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tanjab Barat, Ir. H. Agus Sanusi M,Si atas nama Pemkab dan pribadi kami mengapresiasi pelaksanaan pelatihan ini, yang mana menurutnya pelatihan ini sangat memberikan dampak positif untuk Tanjab Barat sebagai wilayah yang memiliki wilayah air.

” Dengan adanya pelatihan ini dapat menambah personil yang mumpuni serta pengalaman untuk menyelamatkan dalam pencarian korban bencana,” ujar Sekda.

“Selain itu, pelatihan ini juga dapat menghasilkan kekuatan SAR yang terintegrasi secara masif, sehinga pelayanan SAR yang kita berikan kepada masyarakat bisa dilaksanakan dengan cepat dan optimal,” pungkasnya

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.