diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

PEMKAB TANJAB BARAT PERINGATI HARI PAHLAWAN

Kuala TungkalBertempat di Halaman Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menggelar upacara gabungan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2011. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H. Usman Ermulan MM. Upacara berlangsung khidmat dan lancar.
Upacara diikuti seluruh PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Anggota TNI/Polri, siswa/i sekolah dalam Kota Kuala Tungkal, Unsur Muspida dan ibu-ibu yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta para legiun veteran di Kabupaten Tanjung Jabung Barat turut hadir mengikuti upacara.

Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Usman Ermulan, selaku inspektur upacara membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia DR. Salim Segaf Al Jufri, MA. Dalam amanat yang dibacakan, disebutkan melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, diharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan sebagai energy penggerak kemajuan bangsa, sehingga bangsa Indonesia tidak akan terombang-ambing dan kehilangan arah di tengah derasnya arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

Selain itu, Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2011 yang mengangkat tema “Dengan Semangat Kepahlawanan, Kita Bangun Karakter Bangsa”, kiranya juga dapat menjadi momentum untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap dan perilaku para Pahlawan Kusuma Bangsa seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, tanpa pamrih, dengan dilandasi kesetiakawanan sosial yang tinggi pada dasarnya merupakan nilai budaya bangsa untuk membangun karakterbangsa berdasarkan 5 Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demikan diuraikan Menteri Sosial RI dalam sambutannya.

Diakhir upacara, sejumlah legiun veteran dan para janda veteran Kabupaten Tanjung Jabung Barat mendapat santunan berupa uang tunai yang diberikan langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H Usman Ermulan MM.

Acara dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Yudha Satria Pengabuan dan tabur bunga di Pelabuhan Marina Kuala Tungkal. Pada upacara Ziarah di TMP Yudha Satria Pengabuan, yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal. Agus Joko Santoso, SH. Sementara pada upacara tabur bunga di pelabuhan Marina Kuala Tungkal dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal Drs. Agus Gunawan.

Malam sebelumnya atau Rabu malam Kamis, tepat pukul 00.00 wib, juga dilaksanakan Upacara Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Yudha Satria Pengabuan yang juga merupakan rangkaian kegiatan Hari Pahlawan. Upacara ini diikuti segenap Unsur Muspida, para kepala SKPD, Anggota TNI/Polri, anggota Pramuka dan peserta upacara lainnya. Bertindak sebagai inspektur upacara pada renungan suci ini adalah Kapolres Tanjab Barat AKP. Np. Simanjuntak.(EF)

 

Bagian Humas Setda Tanjab Barat

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.