diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

LAHAN WARGA DESA ARAH SIALANG TERDAMPAK BANJIR, BUPATI TURUN TINJAU LOKASI

Kuala Tungkal – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat didampingi Sekda meninjau lahan warga yang terdampak pintu air, Kamis (1/4/21)

Bupati mengatakan dalam waktu dekat ini embung akan kita lakukan perbaikan agar embungnya sejajar dengan tanah, sehingga aliran air mudah keluar masuk.

Selain itu kita akan buka pintu air yang ada di bangun samping kantor Bupati, sehingga saat air pasang ada yang tutupnya.

Pintu air adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pengendali laju debit aliran air, yang biasanya di pasang di saluran air maupun waduk maupun bendungan.

Pintu air ini berperan penting dalam perairan. contohnya saja misalkan pada irigasi pertanian dengan pintu air kita bisa mengatur air disungai dengan menutup pintu air kemudian air tersebut dialirkan ke persawahan maupun yang lainnya sehingga para petani tidak perlu menunggu hujan untuk pertanian mereka.

Ataupun dengan pintu air kita bisa mengatur debit air sehingga laju air bisa terkontrol. pintu air juga bisa untuk berbagi fungsi lainnya.

Bupati juga mengatakan mungkin nanti akan ada petugas yang akan menjaga pintu air tersebut, karena pintu air ini sangat di butuhkan juga oleh masyarakat (Petani) supaya ada anak sungai karena di Kuala Tungkal ini anak parit juga penting selain bisa menyuburkan kelapanya juga bisa memudahkan hasil produksi panen bagi petani kelapa.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bisa teratasi yang menjadi keluhan masyarakat selama ini,”tambah Bupati.

Dalam kegiatan ini juga Bupati berkonsultasi dengan dinas PUPR Andi Nuzul, tentang langkah yang akan diambil guna mengatasi banjir pasang surut ini, sehingga lahan perkebunan warga dapat bergairah lagi dengan hasil panen kelapanya.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.