diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

BUPATI TANJUNG JABUNG BARAT Drs. H. ANWAR SADAT, M. Ag MEMBUKA SECARA RESMI PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI UPTD BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Kuala Tungkal – Bupati H. Anwar Sadat, M. Ag dalam sambutannya menyampaikan tenaga kerja di Tanjab Barat menjadi urusan yang bersifat wajib serta menjadi tanggung jawab dan harus kita laksanakan oleh pemerintah Kabupaten serta harus dituntaskan. oleh karena itu dibutuhkan keterampilan dan pelatihan tenaga kerja seperti ini, contohnya menjahit.

Ini adalah merupakan upaya fasilitasi serta pelayanan pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui dinas tenaga kerja dan dilaksanakan secara teknis oleh UPTD BLK Tanjab Barat terhadap warga masyarakat khususnya para generasi muda angkatan kerja, lulusan sekolah dan lulusan S1 yang belum memiliki keterampilan khusus untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.

Menjahit ini sendiri ada peluang, sekarang pemkab Tanjab Barat sedang manggalakkan pemakaian batik tungkal. ASN kita ada 4.000 ribu lebih berarti ada 4 ribu batik yang dibutuhkan oleh ASN kita. Ujar Bupati.

Oleh karena itu kami merasa bangga dengan terobosan yang dilakukan Disnaker, dalam rangka memberikan tantangan kepada tenaga kerja. Milleneal yang terpakai ialah mileneal yang mengikuti sains dan teknologi, ujar Bupati.

Bupati berpesan kepada peserta untuk memanfaatkan waktu dan peluang selama 1 Bulan ini dengan bersungguh sungguh mengikuti kegiatan.

Dilanjutkan dengan peninjauan pelatihan asisten pembuat pakaian.

Hadir pada acara Wakil Bupati Hairan,SH, Asisten II Perekonomian dan pembangunan Ir. Erwin, Kadis Tenaga Kerja Dianda Putra, S. STP, M.Si, Camat Betara Toni Ermawan Putra, S.STP, M.Si dan para peserta pelatihan yang mengikuti.

1. Kegiatan Pelatihan berbasis kompetensi terdiri dari 3 paket pelatihan yakni :
– Pelatihan Perakitan Komputer
– Pelatihan Las Plat Walder smaw 1G
– Pelatihan Asisten Pembuat pakaian
Yang dananya bersumber dari APBN 2021
Tujuan pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri
2. Peserta kegiatan berjumlah 48 orang yang terbagi dalam masing masing kejuruan sebanyak 16 orang. Dan terdiri dari pria dan wanita yang telah lolos tahapan seleksi administrasi dan seleksi tertulis melalui aplikasi “SISNAKER” ( Sistem informasi ketenagakerjaan terpusat dari kemenaker RI yang berbasis online. Kemudian seleksi tahap akhir melalui wawancara oleh Disnaker dan UPTD BLK untuk penelusuran minat bakat peserta prospek calon peserta setelah mengikuti pelatihan berbasis online ini.
3. Pelaksanaan kegiatan untuk perakitan komputer 23 hari, pelatihan pengelasanan plat welder 28 hari, dan pelatihan asisten pembuat pakaian selama 33 hari yang seluruh kegiatan dilaksanakan di UPTD BLK Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

 

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.