diskominfo@tanjabbarkab.go.id 0742-21593

BUPATI ANWAR SADAT HADIRI KEGIATAN PELETAKAN BATU PERTAMA PROGRAM SANITASI PERDESAAN PADAT KARYA DI PURWODADI

TEBING TINGGI – Bupati Tanjab Barat H. Anwar Sadat lakukan peletakan batu pertama Simbolis dimulainya pembangunan toilet dan septik individu Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya 2021 di Jalan Kopi Desa Purwodadi Kecamatan Tebing Tinggi pada hari Rabu (16/06/21).

Momen peletakan batu pertama ini dihadiri langsung Kepala BPP Wilayah PUPR Jambi, Ir. Azna Legawati, MM, Sekda Tanjab Barat beserta Istri, anggota DPRD, para asisten, Kepala Dinas, kettua TP-PKK Tanjab Barat, Camat, Lurah, Kades se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta Tenaga FAsilitator Lapangan (TFL) teknik.

Pada kesempatan ini, Bupati H. Anwar Sadat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepala BPP wilayah PUPR Jambi, Ibu Ir. Azna Legawati yang telaha menyempatkan diri untuk hadir di acara tersebut.

Lokus pendirian pembangunan sanitasi diharapkan Bupati dapat menurunkan dan menekan angka stunting di Tanjab Barat. “Jaga, pelihara dan rawat. sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat.” Pesan Bupati.

Pada kesempatan ini juga Bupati mengungkapkan bahwa untuj membangun Tanjab Barat tidaklah cukup jika hanya mengandalkan dana APBD. “Jika kita membangun hanya mengandalkan APBD tidaklah cukup, tidak akan mampu membangun se-Tanjab Barat. Apalagi dengan geografis, luas wilayah serta banyaknya hambatan struktur tanah dan sebagainya.” ungkap Bupati.

Kedepan, para OPD kata Bupati agar dapat menjemput program-program pemerintah pusat yang berkaitan dengen kepentingan dan manfaat terhadap masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Sementara, Kepala BPP Wilayah PUPR Provinsi Jambi Ibu Ir. Azna Legawati mengatakan sasaran kegiatan ini terbangunnya Pengelolaan Air Limbah Domestik dengan sistem pengelolaan air limbah dosmestik pembangunan tangki septik toilet individu atau tangki septik komunal. “Diharapkan program sanitasi ini dapat menurunkan angka stunting.”

Dikatakannya program ini juga bertujuan menciptakan lapangan kerja melalui padat karya gotong royong. Juga membangkitkan bilai sosial ekonomi serta meningkatkan akses sanitasi. IA pun berharap pembangunan 384 unit toilet individual ini dapat berjalan lancar, tidak ada kendala dan hambatan, sehingga dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat.

Kepala Dinas PMD H. Noor Setio Budi dalam laporannya menyampaikan pekerjaan sanitasi ini bersumber dari dana APBN melalui Balai Prasarana Pemukiman (BPP) Wilayah PUPR Provinsi Jambi. Insfrastruktur yang dibanung berupa jamban dan tangki septik individual standar nasional sebanyak 384 unit tersebar 16 lokus desa/kelurahan di Tanjab Barat. Adapun 10 lokus desa, lokus stunting yang mendapatkan program sanitasi perdesaan padat karya diantaranya Desa Purwodadi, Desa Mekarjati, Desa Parit Sidang, Desa Betara Kanan, Desa Mekar Tanjung, DEsa Sungai Kayu Aro, Desa Parit Pudin, Desa Tungkal IV Desa, Kelurahan Lubuk Kambing dan Kelurahan Tebing Tinggi.

Sementara 6 desa tambahan yaitu Desa Serdang Jaya, Desa Sri Agung, Desa Terjun Gajah, Desa Rawadang, Desa Cinta Damai dan Desa Sungai Paur.

 

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.