WAKIL BUPATI TANJABBAR HADIRI FESTIVAL KELAPA INTERNASIONAL DI TEMBILAHAN

KUALA TUNGKAL – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib, menghadiri Pembukaan Festival Kelapa Internasional yang dilaksanakan di Lapangan Gajah Mada, Kota Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau, Sabtu (09/9/17).

Festival tersebut digelar oleh Pemkab Tembilahan dalam rangka Peringatan Hari Kelapa Sedunia atau World Coconuts Day yang diperingati setiap tanggal 2 September, sesuai rekomendasi PBB pada tanggal 2 September 1998.

Kepala Bagian Komunikasi dan Dokumentasi Setda Tanjabbar, Muhammad Firdaus, SE mengatakan kehadiran Wakil Bupati H. Amir Sakib ke acara festval memenuhi undangan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir.

“Selain itu hubungan Pemkab Tanjabbar dengan Pemkab Tembilahan berlangsung harmonis saling menjadi referensi,” ujar M. Firdaus, Sabtu (09/9/17).

Kabupaten Inhil dipercaya menjadi tuan rumah bagi 18 Negara yang terhimpun dalam APCC, karena sebagai daerah penghasil kelapa terbesar di Indonesia.

Kemudian Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga merupakan daerah penghasil atau perkebunan kelapa dalam terbaik di Provinsi Jambi, ini terdapat di Kecamatan Kuala Betara, Kecamatan Betara, Pengabuann, Seberang Kota dan Kecamatan Senyerang.

Acara dibuka oleh Gubernur Riau, Ir. H. Arsydajuliandi Rahman, MBA dihadiri langsung oleh Bupati Inhil Drs. H. M. Wardan, MP, Wakil Bupati Inhil, H. Rosman Malomo, SH, MH, Direktur Eksekutif Asosiasi Kelapa Asia Pasific (APCC) Mr. Uron Neil, perwakilan Delegasi International Coconut, perwakilan Kementrian Pertanian, Forkopimda, Provinsi Riau dan Tembilahan, Ketua DPRD Inhil, H. Dani M Nursalam, para Bupati daerah penghasil kelapa, perwakilan MURI, dan pengusaha kelapa.

Dalam acara ini diisi dengan serimoni minum kelapa bersama sebanyak 10.000 butir lelapa dan 500 jenis santapan kuliner berbahan dasar kelapa. Tak pelak dari dua kegiatan tersebut langsung mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Rencananya festival ini akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 09 s.d 11 Nopember 2017. Berisi bebragai kegiatan terkait kelapa seperti pameran, seminar serta visit dan fiel trip perkebunan kelapa dan pengolaham kelapa secara tradisional oleh masyarakat dari proses pemetikan hingga pengolahan di Bumi Berjuluk “Bumi Seribu Parit” dan “Negeri Harapan Dunia” Kabupaten Indragiri Hilir ini.

Sumber : Lintas Tungkal

Add Comment