WAKIL BUPATI TANJAB BARAT HADIRI PERESMIAN FORUM KERJASAMA PARIWISATA PEMERINTAH DAERAH DI JAKARTA

JAKARTA Pemerintah Tanjung Jabung Barat menyambut baik Terbentuknya Forum Kerjasama Pariwisata Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia (FK-PPDSI) dan peluncuran  The Wonderful Indonesia ExpoThe Europe Travel Agencies Meeting, yang digagas oleh Kementrian Pariwisata bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) pasalnya forum ini digagas untuk memfasilitasi percepatan pembangunan pariwisata di daerah.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat H. Amir Sakib, kepada sejumlah wartawan usai menghadiri acara tersebut di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (07/3).

Menurut wabup, di mana kita lihat sektor pariwisata sebagai penyumbang nomor 4 devisa negara dibangingkan sektor lainnya seperti Migas, Baru Bara dan minyak kelapa sawit yang proyeksinya bisa habis. Selain itu potensi pariwisata kita berada urutan empat Asia setelah Tiongkok, Jepang dan India baru Indonesia.

Sejalan dengan itu, Wakil Bupati Amir Sakib, mengatakan Tanjung Jabung Barat sendiri memiliki potensi wisata alam yang cukup baik tak kalah dengan daerah lain hanya saja pengelolaannya belum maksimal, dicontohkan Wabup, seperti Ancol Beach, Waterfront City, Penakaran Orang Hutan, Air Hangat dan Air Terjun, Wisata Belanja (Pasar PJ). Dan tak kalah penting Tanjab Barat memiliki Objek Wisata tahunan seperti Festival Arakan Sahur Ramadhan, Pawai Takbiran Malam Hari Raya Idul Fitri  dan Idul Adha dan Haulan Syekh  Abdul Qadir Al-Jaelani yang mampu mendatangkan masyarakat puluhan ribu.

“Khusus Objek Wisata Pangkal Babu, yang saat ini baru dalam perencanaan (master PLAN sudah jadi). Diharapkan kedepannya Objek Wsata Pangkal Babu ini menjadi sebagai pintu masuk untuk melalui jalur laut menuju objek-objek wisata yang ada di Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat,” ujarnya.

Tentu ini sejalan dengan paparana Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan terbentuknya Forum Kerjasama Pariwisata Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia (FK-PPDSI) agar seluruh kepala daerah kab/kota dan seluruh stakeholder pariwisata, turut memaksimalkan pariwisata di daerah dalam mengimplementasi kebijakan strategis nasional menuju Indonesia Incorporated.

Dalam forum ini, tentu terbuka lebar bagi Tanjung Jabung Barat untuk mewujudkan Pangkal Babu sebagai Kawasan Wisata Bahari di Jambi bahkan Sumatera. Di mama Kemenpar, Arief Yahya menyebutkan, bahwa Kemenpar akan memfasilitasi pemerintah daerah dalam pengembangan potensi destinasi wisata daerah yang memang potensial untuk dijadikan kawasan pariwisata, saya akan suruh Dinas terkait mengejar itu,” kata Wabup.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.