WABUP PIMPIN TIM KOORDINASI POKJA P2W-KSS LAKUKAN PENILAIAN DI DESA LUMAHAN

SENYERANG – Tim Koordinasi Pokja Lomba P2W-KSS Kabupaten Tanjabbar tahun 2017 melakukan recheking dan penilaian ke Desa Lumahan, Kecamatan Senyerang yang dipusatkan di Kantor Desa Lumahan, Ribu (11/10/17).

Tim penilai Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera beranggotakan instansi lintas sektoral dan TP-PKK Kabupaten Tanjabbar dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib.

Turut hadir Kepala Dinas PMD H. Mulyadi, SPd, M.Kes, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Ir. Nety Martini, M.Sc Camat Senyerang Reza Fahlevi, SE, Kades Lumahan Dara Jelita serta perwakilan OPD lintas sektoral serta ibu-ibu binaan P2W-KSS.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati H. Amir Sakib mengatakan rasa kebangga dan apresiasi terhadap Desa Lumahan yang dijadkan desa binaan P2W-KSS Kabupaten Tanjabbar 2017.

Menurut Wabup program P2WKSS merupakan program yang berkesinambungan dimana peran wanita dalam melaksanakan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga juga merupakan penggerak pembangunan sehingga peran wanita dalam pembangunan akan lebih optimal lagi.

“Kemudian program ini juga bertujuan untuk melakukan pembinaan serta meningkatkan peranan wanita dalam mewujudkan keluarga sejahtera serta membiasakan warga berprilaku hidup
sehat,” ujar Wabup.

Wabup Amir Sakib juga mengaku takjub melihat pesatnya perkembangan Desa Lumahan saat ini jalan lingkungan sudah pada beton, meski diakuinya tak menjangkau 50  rumah tangga binaan P2W-KSS di desa tersebut dikarenakan hujan.

“Belasan tahun lalu saya masih Camat Tungkal Ilir, saat itu Desa Lumahan masih masuk dalam wilayah Kecamatan Pengabuan sebelum dimekarkan menjadi Kecamatan Senyerang. Alahmadulilah saat ini Lumahan sudah mengalami kemajuan pembangunan yang cukup pesat,” tuturnya.

Wabup juga meminta kades untuk lebih mengoptimalkan dana desa untuk kemajuan Desa Lumahan baik infrastruktur desa maun fasilitas lainnya.

“Mudah-mudahan Desa Lumahan dapat masuk nominasi dan menjadi juara pada lomba P2WKSS Kabupaten Tanjabbar 2017 ini,” tutup wabup.

Sementara itu, Kepala Desa Lumahan Dara Jelita, mengucapkan terima kasih pada tim pembina dan penilai P2W-KSS. Menurutnya, diikutsertakannya Desa Lumahan pada lomba P2WKSS, merupakan kebanggaan dan sejarah bagi masyarakat Lumahan yang selama ini dinilai masyarakat luar sebagai desa tertinggal.

“Ini merupakan sebuah kebanggan sekaligus sejarah bagi kami. Semoga dkegiatan ini dapat mengubah image Desa yang dulu dikenal orang sebagai Desa tertinggal menjadi Desa maju serta mau dibina,” tutur Jelita.

Kades wanita ini juga berharap, keikutsertaan Desa Lumahan dalam lomba P2W-KSS dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Lumahan untuk selalu berprilaku hidup sehat tidak hanya pada saat akan penialaian saja.

“Seperti yang dikatakan Wakil Bupati, mudah-mudahan Desa Lumahan dapat masuk nominasi dan menjadi juara pada lomba P2WKSS Kabupaten Tanjabbar 2017 ini, namun yang terpenting bukan menang atau kalah, melainkan nilai pembinaan yang didapat selama ini jauh lebih bermanfaat bagi masyarakat,” tukasnya.

Dalam kegiatan penilaian Lomba P2WKSS ini langsung turun meninjau rumah binaan Polah Hidup Bersih Sehat (PHBS) di lima kelompok yakni kelompok Mawar, Pandan Wangi, Anggrek, Teratai dan kelompok Melati. Wakil Bupati sendiri di kelompok Pandai Wangi.

Aspek yang dinilai antara lain Perubahan prilaku masyarakat baik itu dari aspek kesehatan, ekonomi, pendidikan, serta sejauh mana pembinaan pemerintah dalam melakukan pembinaan kepada warganya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan dialog dan penbinaan administrasi buku rakernas 8 oleh Sekretaris TP PKK Kab. Tanjabbar kepada pengurus TP PKK Desa Lumahan.

Sesuai jadwal esok (Kamis red) tim penilai akan melakukan penilaian yang sama di Desa Part Bilal Kecamatan Pengabuan sebagai desa kedua dalam lomba P2W-KSS tingkat Kabupaten Tanjabbar tahun 2017.

Sumber : Lintas Tungkal


Di Publikasikan pada : 12/10/2017


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *