WABUP AMIR SAKIB BUKA SEMINAR POKOK PIKIRAN KEBUDAYAAN DAERAH TANJAB BARAT.

KUALA TUNGKAL  – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib buka secara resmi Seminar pokok pikiran kebudayaan daerah yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Hotel Masa Kini. Selasa (25/09).

Disampaikan Sekretaris Disdikbud, seminar ini merupakan tahap akhir dari proses penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) sebelum ditetapkan menjadi Surat Keputusan Bupati Tanjung Jabung Barat. Ditambahkan Sekretaris Disdikbud, seminar ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, serta penyelamatan terhadap kebudayaan daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Seminar PPKD diikuti peserta yang merupakan unsur Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, sejarawan, praktisi, akademisi dan budayawan. Sebagai Pemateri Seminar yaitu, Koordinator Tim PPKD dari Provinsi dan Kabupaten.

Membacakan sambutan Bupati, Wabup menyampaikan proses penyusunan PPKD Tanjab Barat telah melalui tahapan yang panjang, mulai dari rapat persiapan, pembentukan Tim Penyusun, pembekalan, survei, input data, sampai tahap seminar yang merupakan tahapan pengujian materi. PPKD Tanjung Jabung Barat yang disusun ini akan menjadi dasar penyusunan dan dimuat dalam PPKD Provinsi, selanjutnya akan menjadi bahan dasar penyusunan strategi kebudayaan nasional yang dapat membantu Pemerintah dalam menyusun rencana pembangunan jangka panjang dan menengah yang akan ditetapkan pada Konggres Kebudayaan Nasional.

Mengakhiri sambutannya, Wabup berharap seminar ini bukan hanya sebatas ajang adu argumen dan diskusi saja, tetapi dibarengi dengan aksi nyata sehingga budaya daerah tidak terkikis oleh arus globalisasi.(hms)

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.