TUMPAH RUAH PERINGATAN HAUL AKBAR SYEIKH ABDUL QADIR JAILANY

KUALA TUNGKAL – Event nasional tahunan yang sekaligus merupakan destinasi wisata religi yakni Haul Akbar Raja Para Wali, Syeikh Abdul Qadir Al Jailany kembali di gelar.

Seperti sebelumnya, pelaksanaan haul akbar ini mengambil lokasi di pondok pesantren Al Baqiatush Shalihat Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Minggu (31/12).

Haul akbar yang kali ini berbarengan dengan Milad Ponpes Al Abshah ke 25, di hadiri langsung oleh gubernur jambi, Zumi Zola, Anggota DPR RI Haji Bakri, Para Ulama, Para Habaib, ribuan santri serta masyarakat yang datang dari segala penjuru negeri dan bahkan mancanegara.

Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Mardius mengatakan bahwa even haul akbar ini selain memang merupakan salah satu wisata religi juga sekaligus menjadi wadah bagi pemerintah dan masyarakat untuk mempromosikan berbagai potensi daerah termasuk destinasi wisata yang ada di bumi serengkuh dayung serentak ke tujuan ini.

“Dari pantauan kita, ribuan massa yang datang ke haul ini, sejak hari jum’at (29/12), sebelum puncak acara juga terlihat berbondong-bondong mendatangi WFC (water front city-red), Pelabuhan RoRo, Pasar Parit Satu, dan tempat-tempat menarik lainnya,” ujarnya.

Ditambahkan mardius, selain mempromosikan potensi daerah, pada haul ini pemerintah juga turut berpartisipasi menyumbangkan satu ekor sapi, air mineral dan beras.

Salah seorang jama’ah, Hengky mengatakan bahwa hal yang sangat menarik dari pelaksanaan haul ini, masyarakat Tanjung Jabung Barat secara sukarela aktif melayani para tamu dan pengunjung yang datang.

“Uniknya, masyarakat kita beramai-ramai secara sukarela ikut melayani para tamu dan pengunjung. Haul ini benar-benar memiliki energi positif yang sangat besar,” tandasnya

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.