TINJAU KEBAKARAN LAHAN DI BETARA, BUPATI APRESIASI SATGAS KARHUTLA

BETARA – Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS menyampaikan apresiasi seluruh pihak yang proaktif terhadap penanggulangan karhutla di wilayah Kabupaten Tanjabbar. Khususnya Satgas Karhutla, TNI-Polri, BPDB, KMPA Desa Pematang Lumut dan organisasi peduli API dengan seluruh namannya.

Menurut Safrial seluruh petugas tersebut sejauh ini telah menjalankan tugasnya dengan maksimal. Seperti kebakaran lahan di Desa Tungkal I seluas 200 meter persegi, di Sri Menanti 2,5 hektar dan di Batang Asam sekitar 2 hektar, seluruhnya dapat dipadamkan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanjabbar Safrial saat meninjau lokasi kebakaran lahan gambut di RT 02, Dusun Kampung Tengah, Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara, Ribu (02/8/17) didampingi Camat Betara Wanwan Irawan, S.STI, Kapolsek Betara IPTU Irwan, SH, Babinsa Betara.

Menurut Bupati, kebakaran lahan gambut tidak hanya sulitnya pemadaman, yang menjadi masalah adalah asapnya, api sudah padam tetapi asapnya terus berjalan.

“Terima kasih atas kerja keras bapak-bapak yang bertugas memadamkan api. Pengabdian ini akan dicatat sebagai amal ibadah bapak-bapak,” ungkap Bupati memberi semanggat.

Safrial menambahkan, terkait penanggulangam karhutla,  Pemkab sejauh ini terus mengutamakan upaya antisipasi daerah-daerah yang sedang atau akan mengalami kekeringan, terutama untuk kawasan lahan gambut. “Pemkab juga memerintahkan seluruh camat untuk membentuk Satgas Karhutla,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Tanjabbar AKBP ADG Sinaga, SIK melalui Kapolsek Betara IPTU Irwan, SH dikonfirmasi mengatakan terkait kebakaran lahan ini, pihak kepolisian terus melakukan penyelidikan penyebab kebakaran maupun siapa pemilik lahan yang terbakar.

“Selain pemadaman api di lapangan bersama satgas karhutla, kita juga melakukan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran ini,” jelasnya.

Informasi dihimpun dari Pusdatin BPDB Tanjabbar menyebutkan kebakaran terjadi Rabu, 02 Agustus 2017 sekitar pukul 17.00 Wib di area lahan kebun sawit seluas lebih kurang 0,3 hektar, milik MJ (35) di RT 02, Dusun Kampung Tengah, Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara.

Upaya pemadaman oleh Tim TRC BPDB Tanjabbar 22 orang, Polsek Betara 11 orang, Babinsa Koramil Tungkal Ilir
Kodim 0419/Tjb 8 orang, KMPA Desa Pematang Lumut 4 orang. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 18.20 Wib.

Sumber : Lintas Tungkal

Add Comment